WAJIB BERJEMUR! MANFAAT MATAHARI BAGI BAYI

September 13, 2023 | Dea

Matahari, bayi, vitaminD, berjemur

Kebiasaan yang selalu diadopsi dari orang tua terdahulu yaitu untuk wajib menjemur anak bayi agar medapatkan asupan vitamin D. Bayi harus sering-sering berjemur agar terhindar dari paparan virus dan dapat meningkatkan imunitas bayi.

 

Namun benarkah bayi anda harus berjemur setiap hari ? apakah benar-benar dapat mencegah dari berbagai penyakit yang kemungkinan menyerangnya ? namun dalam penelitian menjelaskan bayi harus dilindungi dari paparan langsung sinar UV. Hal ini membuat anda bingung untuk memilih menuruti anjuran orang tua atau penelitian yang anda baca.
 

Oleh karena itu, anda harus menyimak lebih lanjut hal-hal yang terjadi jika menjemur bayi anda sebagai berikut.



 

Manfaat Berjemur Bagi Bayi


 

  • Menyerap Vitamin D
     

Sinar matahari memang dapat memberikan vitamin D bagi kulit kita, manfaat lainnya juga baik bagi pertumbuhan tulang dan sel-sel tubuh. Sinar matahari juga dapat membantu mematikan perkembangan sel-sel kanker pada tubuh. Selain itu mencegah kemungkinan tubuh yang kerdil pada bayi.

 

  • Meningkatkan kadar insulin tubuh
     

Sinar matahari juga dapat mencegah kemungkinan penyakit diabetes pada bayi anda. Pertolongan vitamin D dapat membantu penurunan resiko diabetes di masa depan.


 

  • Mencegah penyakit kuning
     

Spektrum cahaya biru pada matahari  dapat memecah kadar bilirubin dalam darah bayi. Pastikan menjemur sekitar 10-15 menit dan jangan berlebih.

 

  • Membuat tidur bayi teratur dan berkualitas

 

Sinar matahari dapat membantu mengatur kadar melatonin dalam tubuhnya. Kadar melatonin dalam tubuh dapat mengatur pola tidur bayi. Hal ini dapat menyebabkan produksi serotonin / hormon bahagia yang dapat memberikan energi baik bagi bayi.


 

  • Mencegah kanker kulit 
     

Kulit membutuhkan vitamin D langsung dari matahari agar mecegah dari terjadinya kanker kulit. Namun hal ini boleh dilakukan tidak secarar berlebihan dan pada waktu pagi hari mulai dari jam 7-9 pagi. Agar terhindar dari paparan sinar uv yang malah dapat merusak tubuh.
 

Berjemur memang dianjurkan untuk dilakukan pada bayi, namun lebih baik setelah 6 bulan keatas karena perkembangan sel-sel tubuh bayi lebih kuat dan imunitas bayi juga lebih baik, sehingga tidak mudah sakit jika terpapar radikal bebas di luar rumah. Penuhi juga bayi anda dengan makanan yang bernutrisi agar kadar vitamin yang ia dapatkan terpenuhi dengan sempurna. 

 

Jangan lupa untuk mengaplikasikan suscreen pada bayi anda saat berusia 6 bulan keatas, untuk menghindari reaksi alergi pada kulit bayi yang sensitif. Dengan perlindungan UVA/UVB pada spf 30. Aplikasikan di 30 menit pertama sebelum keluar ruangan. 


 

 

REFERENSI


 

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7001416/

https://parenting.firstcry.com/articles/7-amazing-benefits-of-sunlight-for-newborn-babies/

https://www.ucsfbenioffchildrens.org/education/sun-safety-for-children-and-babies

YesDok Ads