5 GEJALA ARTRITIS PSORIATIK PADA TUBUH

February 26, 2024 | Dea

psoriatic arthritis, psoriatic arthritis adalah, psoriatic arthritis skin lesions, psoriatic arthritis skin, psoriatic arthritis types, psoriatic arthritis risk factors, psoriatic arthritis symptoms, yesdok

Sobat Yesdok, Artritis psoriatik adalah jenis arthritis yang terkait dengan psoriasis, kondisi kulit yang menyebabkan plak kemerahan dan bersisik. Ini adalah kondisi yang kompleks dan seringkali menimbulkan berbagai gejala yang dapat mempengaruhi berbagai bagian tubuh. Meskipun gejala artritis psoriatik dapat berbeda dari satu orang ke orang lain, ada beberapa gejala yang paling umum.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

5 Gejala Artritis Psoriatik

Berikut adalah 5 gejala artritis psoriatik yang perlu dikenali, antara lain:
 

1. Nyeri dan Pembengkakan pada Sendi

Nyeri dan pembengkakan pada sendi adalah salah satu gejala utama artritis psoriatik. Nyeri ini dapat bervariasi dari ringan hingga parah, dan pembengkakan pada sendi dapat membuat gerakan terbatas dan tidak nyaman.
 

2. Kemerahan dan Panas pada Sendi yang Terkena

Selain nyeri dan pembengkakan, gejala artritis psoriatik juga ditandai dengan kemerahan dan panas pada sendi saat disentuh. Tanda peradangan aktif dalam sendi ini dapat membantu dokter mendiagnosis penyakit ini.
 

3. Stiffness pada Pagi Hari atau Setelah Istirahat

Gejala artritis psoriatik biasanya termasuk kekakuan atau kekakuan pada sendi, terutama pada pagi hari atau setelah beristirahat dalam waktu yang lama. Ketakutan ini dapat menghalangi gerakan dan membuatnya sulit. Seiring waktu dan aktivitas, kekakuan ini biasanya akan berkurang.
 

4. Nyeri pada Tendon dan Ligamen

Artritis psoriatik dapat menyebabkan nyeri pada ligamen dan tendon di sekitar sendi. Ini dapat menyulitkan aktivitas sehari-hari seperti berjalan atau mengangkat barang.
 

5. Lesi Kulit yang Bersamaan dengan Gejala Arthritis

Sebagian besar orang yang menderita artritis psoriatik sebelumnya memiliki psoriasis atau memiliki gejala arthritis bersamaan dengan psoriasis. Lesi psoriasis biasanya berbentuk plak kemerahan dan bersisik dan dapat ditemukan di berbagai area tubuh seperti kulit kepala, siku, lutut, atau punggung.

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/psoriatic-arthritis/symptoms-causes/syc-20354076

https://versusarthritis.org/about-arthritis/conditions/psoriatic-arthritis/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK547710/

 

YesDok Ads