SCIATICA ITU APA? INI 6 PENYEBABNYA

April 18, 2024 | Dea

Sciatica, sciatica adalah, sciatica pain adalah, sciatica adalah penyakit, apa itu sciatica, sciatica symptoms, obat sciatica, yesdok

Sobat Yesdok, Sciatica adalah kondisi medis yang sering menyebabkan rasa sakit, kesemutan, atau mati rasa yang menjalar dari pinggul hingga kaki. Ini terjadi ketika saraf sciatic, yang merupakan saraf terbesar dalam tubuh, mengalami tekanan atau iritasi. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Penyebab Sciatica

Sciatica adalah gejala dari kondisi yang lebih serius, seperti herniasi cakram atau penyempitan saluran tulang belakang. Itu terjadi ketika saraf sciatic, yang berjalan dari bagian bawah tulang belakang hingga ke bawah kaki, teriritasi atau tertekan, menyebabkan rasa sakit, kesemutan, atau mati rasa yang menjalar dari pinggul ke kaki.

 

Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan sciatica, antara lain:


 

1. Herniasi Cakram Intervertebral

Inti jeli di dalam cakram tulang belakang menonjol atau menekan saraf-saraf di sekitarnya, termasuk saraf sciatic, yang menyebabkan herniasi cakram.
 

2. Penyempitan Saluran Tulang Belakang

Tekanan pada saraf di dalamnya, termasuk saraf sciatic, dapat disebabkan oleh penyempitan saluran tulang belakang atau stenosis spinal.
 

3. Kondisi Degeneratif Tulang Belakang

Perubahan pada tulang belakang dapat disebabkan oleh penyakit degeneratif diskus atau osteoarthritis, yang dapat menimbulkan tekanan pada saraf sciatic.
 

4. Kerusakan Tulang Belakang

Sciatica juga dapat disebabkan oleh cedera atau trauma pada tulang belakang, seperti fraktur atau dislokasi.
 

5. Spondylolisthesis

Ketika satu tulang belakang bergeser ke depan atau ke belakang dari tulang belakang di bawahnya, ini dapat menempatkan tekanan pada saraf sciatic. Ini dikenal sebagai spondylolisthesis.
 

6. Kondisi Medis Lainnya

Tekanan pada saraf sciatic juga dapat disebabkan oleh kondisi medis lainnya, seperti tumor tulang belakang atau infeksi.



 

Pengobatan Sciatica

Berikut ini beberapa cara untuk menangani Sciatica, antara lain:
 

  • Penggunaan analgesik atau anti inflamasi untuk meredakan nyeri.
     
  • Latihan yang bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas otot-otot di sekitar tulang belakang dan meningkatkan kekuatan mereka.
     
  • Latihan atau peregangan tertentu yang dimaksudkan untuk meredakan tekanan pada saraf sciatic.
     
  • Injeksi kortikosteroid untuk meringankan peradangan di sekitar saraf sciatic.




 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.pennmedicine.org/for-patients-and-visitors/patient-information/conditions-treated-a-to-z/sciatica

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sciatica/symptoms-causes/syc-20377435

https://www.hss.edu/condition-list_sciatica.asp

YesDok Ads