5 Cara Alkohol Percepat Proses Penuaan Tubuh

February 22, 2023 | Helmi

alkohol percepat penuaan

Alkohol telah dikenal dengan berbagai manfaat buruk untuk kesehatan tubuh. Minum berlebihan dapat berdampak langsung pada bagian tubuh tertentu dan kesehatan mental seiring bertambahnya usia. Alkohol juga dapat memiliki beberapa efek tidak langsung yang tidak sehat salah satunya alkohol percepat penuaan.

Efek Alkohol Percepat Penuaan

Salah satu efek buruk yang ditimbulkan alkohol adalah mempercepat proses penuaan. Berikut ini kami telah merangkum 5 cara alkohol percepat proses penuaan tubuh

Membuat Anda Dehidrasi

Seiring bertambahnya usia, Anda memiliki lebih sedikit air dalam tubuh Anda dan. Itu membuat manula lebih mungkin mengalami dehidrasi. Ditambah dengan minum alkohol, air dalam tubuh Anda akan terambil dan membuat peluang Anda mengalami dehidrasi semakin tinggi.

Membuat Kulit Menjadi Kering

Kulit kita menjadi lebih tipis dan kering seiring bertambahnya usia. Ini adalah proses alami yang disebut penuaan intrinsik, dan itu adalah sesuatu yang tidak dapat Anda kendalikan. Penuaan ekstrinsik adalah ketika kulit Anda menua lebih cepat dari yang seharusnya karena lingkungan dan cara Anda hidup.

Pada penuaan ekstrinsik inilah alkohol berperan. Alkohol akan membuat Anda dehidrasi dan mengeringkan kulit Anda. Nantinya kulit Anda akan lebih cepat berkeriput daripada yang seharusnya.

Membuat Organ Vital Lebih Lemah

Alkohol dapat memengaruhi cara kerja beberapa organ vital dan membuatnya menua lebih cepat. Sementara peminum berat lebih cenderung memiliki sirosis (kerusakan permanen pada hati Anda).

Minum alkohol dalam jumlah sedang pun dapat menyebabkan masalah seperti penyakit hati berlemak. Ini juga dapat mempersulit ginjal Anda untuk melakukan tugasnya.

Bisa Memperlambat Otak Anda

Setiap minuman beralkohol langsung menuju ke kepala Anda, atau setidaknya ke otak Anda. Minum banyak dalam waktu lama dapat mengecilkan sel otak dan menyebabkan kerusakan otak terkait alkohol (ARBD) dan jenis demensia tertentu. 

Gejalanya termasuk kurangnya penilaian, pengaturan, atau kontrol emosi, kesulitan untuk tetap fokus, dan masalah kemarahan.

Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda

Alkohol dapat memengaruhi cara tubuh Anda melawan penyakit yang mengancam jiwa seperti tuberkulosis atau pneumonia. Ini bisa menjadi sangat serius bagi orang tua. 

Para peneliti juga mempelajari kemungkinan bahwa penyakit hati alkoholik mungkin disebabkan, setidaknya sebagian, oleh sistem kekebalan Anda yang menyerang jaringan tubuh yang sehat.

Demikian tadi berbagai cara tubuh mempercepat proses penuaan dalam tubuh. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan mengurangi konsumsi alkohol atau tidak mengonsumsinya sama sekali. Berikut adalah penjelasan mengenai alkohol percepat penuaan.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok

YesDok Ads