4 PENYEBAB TELINGA TERASA SANGAT GATAL

November 14, 2023 | Dea

Telinga gatal, penyebab telinga gatal, alergi perhiasan, iritasi kulit, alergi kulit, dampak earphone, dampak keseringan bersihkan telinga, kotoran telinga, yesdok

Sobat Yesdok, apakah anda merasa bahwa akhir-akhir ini telinga anda terasa sangat gatal? Kondisi ini bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari anda. Namun anda harus hati-hati jangan berusaha untuk mengorek lubang telinga terlalu dalam karena dapat berdampak fatal bagi tubuh anda.

 

Oleh karena itu, simak penyebab telinga terasa gatal, sebagai berikut.


 

Penyebab Telinga Terasa Gatal

 

Telinga merupakan salah satu indera tubuh yang berfungsi untuk menerima dan mendengar informasi secara verbal melalui suara dan bunyi. Organ ini sangat penting, karena mempengaruhi kemampuan komunikasi dan pemahaman seseorang terhadap informasi.
 

Telinga terasa gatal merupakan masalah umum yang sering terjadi pada seseorang. Salah satu penyebabnya karena infeksi dan sumbatan kotoran.  Namun berikut ini merupakan penyebabnya, antara lain:

 

  • Overcleaning Telinga
     

Hal ini dapat menghilangkan perlindungan pada telinga dan lebih mudah terinfeksi jamur dan bakteri. Selain itu, jika keseringan membersihkan telinga dengan cotton bud, dapat mendorong kotoran lebih dalam lagi dan terjadi penumpukan kotoran telinga.

 

  • Telinga Kering
     

Kondisi ini karena terlalu sering membersihkan telinga, akibatnya menghilangkan minyak alami sehingga lebih rentan mengalami rasa gatal yang mengganggu di telinga.

 

  • Penggunaan Earphone
     

Kebiasaan ini dapat membuat telinga dan earphone saling bergesekan, hal ini dapat menyebabkan penumpukan kelembaban. Sehingga akan membuat telinga dapat berair dan mudah gatal. Selain itu, penggunaan earphone terlalu lama dapat menyebabkan iritasi pada telinga.

 

  • Iritasi Perhiasan
     

Beberapa orang memiliki kulit yang sangat sensitif dan alergi terhadap logam, nikel dan beberapa jenis perhiasan lainnya. Hal ini dapat membuat telinga menjadi gatal.  Reaksinya yaitu, gatal, kemerahan, bercak kering dan bengkak.

 

Namun, jika kontaminasi bereaksi lebih parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.





 

REFERENSI


 

https://health.clevelandclinic.org/the-truth-about-itchy-ears-you-may-be-causing-the-problem/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/324671#causes

https://www.healthyhearing.com/report/53014-Why-do-my-ears-itch-and-what-can-i-do-about-it

 

YesDok Ads