0 Point

Yuk, Ucapkan Selamat Tinggal pada Mata Bintitan!

Kelopak atau bawah mata mendadak pegal, dan tak lama bengkak mulai terlihat? Ini berarti Anda mengalami bintitan!

Bintitan merupakan masalah pada kelopak mata yang sering terjadi di banyak orang. Seringkali, bintitan dikaitkan dengan seseorang yang sering mengintip, padahal itu hanya mitos. Bintitan muncul ketika adanya infeksi bakteri yang timbul di bagian akar rambut pada bulu mata.

Bintitan biasanya muncul berupa benjolan pada kelopak mata. Benjolan ini akan terasa nyeri, dan bahkan juga memunculkan ruam merah hingga pembengkakan. Dalam beberapa kasus, bintitan bahkan menyebabkan mata lebih rentan berair.

Bintitan memang bukan kondisi serius, tapi jelas sangat mengganggu aktivitas dan penampilan Anda. Untuk bisa segera mengempiskan bintitan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yakni:

Lidah buaya

Lidah buaya tak hanya bermanfaat untuk rambut, namun juga digunakan untuk mengatasi mata bintitan. Siapkan daun lidah buaya dan ambil lah gel di dalamnya dengan cotton bud. Oleskan gel lidah buaya ini pada mata yang bintitan. Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya selama beberapa kali hingga bintitan mereda atau hilang.

Air garam

Kandungan magnesium dalam garam dapat membantu membunuh bakteri dan mengurangi rasa sakit akibat bintitan. Larutkan garam dalam air hangat dan aduk hingga merata. Rendam kain atau kapas dalam larutan ini dan letakkan pada mata yang terserang bintitan. Diamkan selama 15 sampai 20 menit dan ulangi hingga bintitan mengempis dan hilang.

Kompres air hangat

Mengompres air hangat pada area mata yang bintitan dapat membantu mengatasi masalah ini. Ambil handuk bersih kemudian rendam dalam air hangat. Peras air dari handuk, lalu tempelkan handuk pada mata yang bintitan. Pijat mata secara lembut dan biarkan kompres selama 10 menit. Lakukan sekitar empat kali sehari untuk mengatasi bintitan dengan cepat.

Kompres dengan kantong teh

Kantong teh hijau yang hangat dikatakan dapat membantu mengurangi pembengkakan dan menyembuhkan bintitan berkat sifat antibakteri di dalamnya. Seduhlah terlebih dahulu teh hijau dalam secangkir air panas. Tunggu sekitar 1 menit dan angkat kantong teh dari cangkir, diamkan sebentar sampai kantong teh tidak terlalu panas. Tempelkan kantong teh pada mata sekitar 5-10 menit.

(Foto: besthealthmag.ca)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok