Yuk Kenali Kesiapan Si Kecil Untuk Sekolah

November 05, 2022 | Aqiyu

Yuk Kenali Kesiapan Si Kecil Untuk Sekolah

Sekolah merupakan hal penting untuk Pendidikan serta akademik si kecil. Si kecil dapat belajar banyak hal di sekolah mulai dari pelajaran, meningkatkan kemampuan berhitung dan membaca serta bersosialisasi dengan teman sebayanya. Mungkin banyak orang tua saat ini yang bingung kapan harus menyekolahkan si kecil dan bagaimana tanda bahwa si kecil sebenarnya telah siap untuk bersekolah.

Berhasil atau tidaknya anak-anak menjalani kehidupan di lingkungan sekolahnya sangat mempengaruhi pembentukan kepercayaan diri anak. Sebelum memasuki usia sekolah, para orang tua sebaiknya memberikan bekal agar anak mampu untuk menguasai pengalaman baru dan lampu sehingga mudah beradaptasi. Sedangkan anak yang canggung dan mudah panik kemungkinan akan mengalami kesulitan menghadapi situasi sekolah.

Anak perlu diberikan bekal dengan mengenalkan kebiasaan apa saja yang biasa dilakukan di sekolah. Seperti membaca buku, mematuhi aturan dan bersosialisasi dengan teman. Orang tua juga harus memperhatikan apakah si kecil sudah bisa lepas dari pengasuh atau belum. Sebab, pada dasarnya kedekatan antara si kecil dengan pengasuh gurunya nati tentu sangat berbeda. Guru akan memberikan perhatian ke seluruh siswa dan tidak hanya fokus pada satu anak saja. Untuk itu, anak harus bisa mengurangi ketergantungan terhadap pengasuh dan mandiri dalam aktivitas sehari-harinya.

Selain itu, banyak sekolah yang memiliki syarat dan ketentuan terhadap Batasan usia untuk diperbolehkan masuk sekolah. Sehingga tidak sedikit anak-anak yang menunda masuk sekolah karena usia yang belum genap. Walaupun sebenarnya hingga saat ini tidak ada patokan usia yang tepat untuk anak dianggap pantas bersekolah. Orang tua pun harus mempertimbangkan secara matang dan bijak apakah bekal untuk si kecil sekolah sudah cukup atau belum.

Jangan memaksa si kecil untuk mulai bersekolah jika belum waktunya bahkan saat si kecil belum menunjukkan kesiapan bersekolah sebelum waktunya. Jika saat mulai belajar di sekolah dan si kecil mengalami masalah dalam belajar, sebaiknya orang tua jangan menyepelekan dan harus menyadari dengan cepat.

(Foto: times indonesia)

YesDok Ads