Yuk, Jalan Kaki dan Rasakan Manfaatnya!

April 03, 2021 | Claudia

Jalan Kaki

Sukakah Anda berjalan kaki? Jalan kaki merupakan olahraga yang paling mudah dan paling sederhana, namun mempunyai dampak baik yang cukup besar. Dari mulai meredakan stres, menurunkan berat badan, hingga mengontrol tekanan darah, semua bisa Anda rasakan jika Anda rajin berjalan kaki.

Jalan kaki setiap hari dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dan melatih semua otot tubuh untuk membakar kalori. Agar Anda lebih yakin untuk mulai melakukan kebiasaan baik ini, berikut kami berikan ulasan mengenai beberapa manfaat jalan kaki setiap hari:

Membantu menurunkan berat badan

Bisakah jalan kaki mengurangi lemak di perut? Jawabannya, bisa. Jalan kaki adalah olahraga dengan intensitas rendah yang dapat membantu menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang aktif secara fisik dapat membakar lebih banyak kalori. Studi lain menemukan bahwa wanita yang kelebihan berat badan dan rutin berjalan kaki selama 50-79 menit tiga kali dalam seminggu selama 12 minggu, dapat mengurangi lingkar pinggang dan kehilangan 1,5 persen lemak perut mereka.

Meningkatkan kesehatan jantung

Berjalan kaki setiap hari selama 30 menit sehari akan membantu meningkatkan detak jantung. Semakin tinggi detak jantung, maka semakin baik peredaran darah dalam tubuh. Jalan cepat juga diketahui bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes. Menurut penelitian, berjalan juga memainkan peran dalam pencegahan primer dan sekunder dari penyakit kardiovaskular.

Mengurangi risiko penyakit kronis

Menurut American Diabetes Association, berjalan dapat menurunkan kadar gula darah dan risiko diabetes secara keseluruhan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas fisik seperti berjalan kaki dapat mengurangi risiko dari berbagai penyakit kronis, seperti diabetes mellitus, kanker usus besar, kanker payudara, obesitas, hipertensi, penyakit tulang dan sendi, serta depresi.

Menunda penuaan

Seiring bertambahnya usia, Anda mungkin akan semakin sering mengalami nyeri dan kekakuan pada persendian setelah bangun tidur di pagi hari. Jalan kaki adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah ini, karena dapat membantu menjaga fungsi otot tubuh, memperkuat tulang, dan membuat Anda lebih awet muda. 

YesDok Ads