0 Point
Pneumonia Pada Anak

Waspada Pneumonia Pada Anak Saat Pandemi

Sejak awal kemunculannya virus corona diketahui menyerang sistem saluran pernapasan manusia. Hal ini menjadi ancaman bagi seseorang yang mengidap masalah pernapasan hingga paru-paru. Infeksi corona akan semakin buruk bila seseorang mengidap pneumonia.

Pneumonia merupakan peradangan paru akut yang disebabkan oleh infeksi, bakteri atau virus. Gejala pneumonia pada anak yang dapat dideteksi adalah batuk, demam, napas cepat, kesulitan menarik napas atau tampak tarikan dinding dada saat bernapas. Paru-paru yang bermasalah dapat membuat tubuh kekurangan oksigen atau hipoksia.

Pneumonia bukan hanya dialami oleh orang dewasa, tetapi juga melanda anak-anak. Menurut data UNICEF, sepanjang tahun 2018 terdapat 800 ribu anak meninggal akibat pneumonia di dunia atau setiap 39 detik ada anak yang meninggal karena penyakit ini. Bahkan di Indonesia sendiri angka kematian anak akibat pneumonia menduduki tiga besar rangking penyebab kematian anak dibawah usia lima tahun.

Anda bisa mencegah pneumonia dengan cara berikut seperti dilansir dari IDAI:

  • ASI eksklusif selama enam bulan dan pemberian makanan pendamping (MPASI) yang terbukti dapat melindungi dari penyakit pneumonia pada anak bahkan di kemudian hari.
  • Imunisasi lengkap dapat mencegah anak untuk terjangkit pneumonia, dan dapat juga mencegah penyakit-penyakit lain yang berhubungan dengan pneumonia seperti campak, Batuk rejan, Difteri, dan penyakit berat lainnya.
  • Cuci tangan dengan sabun. Hal sederhana yang mudah dilakukan dan memiliki dampak yang besar terhadap kesehatan anak adalah kebiasaan mencuci tangan dengan rutin. Seolah-olah sederhana, hanya dengan mencuci tangan secara rutin maka anak dapat terhindar dari penyakit-penyakit seperti pneumonia, diare, bahkan Covid-19. Karena jutaan bakteri dan virus menempel di tangan kita akibat bersentuhan dengan segala macam benda-benda yang kotor akan mati dengan mencuci tangan.
  • Kurangi polusi dalam rumah. Polusi udara baik yang terjadi dalam rumah maupun di luar rumah harus dihindari. Anak jangan sampai terpapar asap rokok, karena sangat berbahaya dapat merusak saluran pernapasan anak.

Dengan melakukan hal-hal tersebut diatas anak-anak akan terlindungi dan mendapat pencegahan terjadinya pneumonia yang ganas itu.

(Foto: children's wellness center)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2021 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok