0 Point
gigi berlubang

Waspada, Gigi Berlubang Picu Penyakit Jantung

Masalah kesehatan mulut dan gigi yang mungkin banyak dialami adalah gigi berlubang. Gigi berlubang merupakan kondisi gigi yang rusak akibat terkikisnya enamel atau lapisan luar gigi. Gigi berulang disebabkan oleh penumpukan bakteri di mulut karena sering mengonsumsi makanan manis dan tidak menjaga kebersihan gigi dengan baik.

Gigi berlubang bukan hanya menimbulkan masalah pada gigi. Fatalnya, gigi berlubang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan masalah pembuluh darah seperti penyakit kardiovaskular hingga serangan jantung. Lalu bagaimana keterkaitan kesehatan gusi dan gigi dengan kesehatan jantung?

Infeksi bakteri pada gigi berlubang biasanya diperburuk oleh sisa makanan yang menyangkut di lubang gigi dan mempermudah bakteri membuat lubang pada gigi yang lebih besar dan dalam. Hal ini jika dibiarkan terus menerus, kerusakan pada gigi akibat infeksi bakteri dapat menjalar melalui pembuluh darah ke organ tubuh salah satunya jantung. Bakteri yang menyebar akan berkembang dan terjadi peradangan yang bisa berujung pada penyakit jantung.

Selain itu, gigi berlubang juga dapat memicu peradangan pada gusi atau dikenal dengan sebutan gingivitis. Peradangan ini dapat membuat gusi menjadi bengkak akibat berkumpulnya bakteri pada permukaan gigi dan membentuk plak dan karang gigi. Plak dan karang gigi yang menempel dalam jangka waktu yang lama mampu merusak jaringan gusi hingga tulang gigi. bahkan infeksi bakteri tersebut bisa memicu penyumbatan yang memengaruhi kinerja jantung.

Untuk itu, Anda sangat disarankan untuk menjaga kesehatan gigi dengan baik guna mencegah penyakit jantung. American Dental Association merekomendasikan untuk menyikat gigi secara teratur sebanyak dua kali sehari selama dua menit. Anda juga tidak boleh sembarangan da nasal dalam memilih sikat gigi. sebaiknya pilihlah sikat gigi dengan bulu yang halus dan pasta gigi yang mengandung fluoride. Sebab, kandungan ini mampu memberikan perlindungan agar gigi tetap sehat dan kuat untuk menghindari gigi berlubang.

Tak hanya itu, pasta gigi berfluoride juga dapat memperbaiki lubang kecil yang tidak terlihat oleh mata. Serta membentuk lapisan pelindung gigi 10 kali lebih kuat. Perlu diketahui bahwa pasta gigi berfluoride juga boleh digunakan oleh anak-anak. Namun diperhatikan takarannya sesuai dengan usia si kecil.

(Foto: absolute dental)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok