Waspada Bila Bersin Dapat Menyebabkan Sakit Pinggang

August 08, 2019 | Kaifia

Terkadang bersin sederhana dapat membuat Anda membeku di tempat karena rasa sakit yang tiba-tiba mencengkeram pinggang Anda. Ketika Anda mencoba memahami apa yang sebenarnya terjadi, Anda mungkin bertanya-tanya apa hubungan antara bersin dan sakit punggung.

Ada saat-saat ketika gerakan bersin yang kencang yang tiba-tiba dan ternyata dapat menyebabkan rasa sakit. Dalam kasus lain, bersin dapat memicu gejala nyeri otot atau saraf yang ada di pinggang Anda.

Apakah bersin dapat menyebabkan sakit pinggang?

Pinggang Anda dapat melakukan hampir semua gerakan tubuh bagian atas. Mengangkat, menggapai, menekuk, memutar, berolahraga, dan bahkan hanya duduk dan berdiri membutuhkan otot pinggang  Anda untuk bekerja dengan benar.

Tetapi sekuat otot pinggang dan tulang belakang Anda, mereka juga rentan terhadap ketegangan dan cedera. Pada titik tertentu, Anda mungkin mengangkat sesuatu yang terlalu berat atau berlebihan pada pekerjaan dan merasakan sakit punggung.

Gerakan tiba-tiba seperti bersin keras juga bisa memicu sakit punggung yang berlangsung beberapa detik atau lebih lama. Dan bukan hanya otot punggung Anda yang berisiko. Ketika Anda bersin, diafragma dan otot interkostal - otot di antara tulang rusuk Anda - berkontraksi untuk membantu mendorong udara keluar dari paru-paru Anda.

Bagaimana mencegah agar tidak terjadi pinggang sakit setelah bersin?

Apabila Anda menderita sakit pinggang dan Anda merasa seolah akan bersin, salah satu cara untuk melindungi pinggang adalah berdiri tegak.

Anda mungkin menemukan lebih banyak manfaat dengan berdiri, bersandar ke depan, dan meletakkan tangan Anda di atas meja atau permukaan padat lainnya saat bersin. Ini bisa membantu menghilangkan tekanan dari tulang belakang dan otot punggung Anda.

YesDok Ads

Berdiri di dinding dengan bantal di punggung bawah juga bisa membantu menghindari sakit pinggang setelah bersin.

Kapan Anda harus periksa ke dokter?

Jika tiba-tiba sakit punggung semakin buruk dalam beberapa minggu, segera tindak lanjuti dengan dokter.

Penting untuk mendapatkan perawatan medis segera jika Anda menderita sakit punggung dan:

  • Kehilangan sensasi di daerah punggung, pinggul, kaki, atau pangkal paha Anda

  • Memiliki riwayat kanker

  • Rasa sakit yang merambat dari punggung, kaki, hingga di bawah lutut

  • Gejala mendadak atau tidak biasa lainnya seperti demam tinggi atau sakit perut

(Foto: rd.com)

YesDok Ads