Vaksinasi Covid-19 Kurangi Risiko Gejala Berat pada Lansia

March 04, 2021 | Helmi

vaksinasi

Sebuah analisis di Inggris menunjukkan bahwa vaksin Oxford-AstraZeneca atau Pfizer-BioNTech mengurangi kemungkinan memerlukan perawatan rumah sakit akibat Covid 19 lebih dari 80%. 

Data Public Health England menunjukkan efeknya muncul dalam tiga hingga empat minggu setelah vaksinasi. Itu didasarkan pada lansia berusia di atas 80 tahun yang menjadi orang pertama yang menerima suntikan vaksinasi.

Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock mengatakan bahwa hasil vaksin terbaru "sangat kuat". Dia menambahkan: "Mereka juga dapat membantu menjelaskan mengapa jumlah pasien Covid yang masuk ke unit perawatan intensif di antara orang-orang di atas 80 di Inggris telah turun dalam beberapa minggu terakhir."

Lebih dari 20 juta orang di Inggris telah mendapatkan dosis vaksin pertama mereka - lebih dari sepertiga populasi orang dewasa.

Data PHE juga menyebutkan vaksin Pfizer, yang mulai diluncurkan sebulan sebelum vaksin AstraZeneca, mampu mengurangi 83% kematian akibat Covid.

Data juga menunjukkan vaksinasi mengurangi risiko orang di atas 70 tahun yang diketahui memiliki gejala Covid sekitar 60%, tiga minggu setelah dosis awal diberikan.

Dr Mary Ramsay, kepala imunisasi Public Health England, mengatakan ada bukti yang berkembang bahwa vaksin mampu bekerja untuk mengurangi infeksi dan menyelamatkan nyawa.

"Meskipun masih ada lebih banyak data untuk diikuti, ini menggembirakan dan kami semakin yakin bahwa vaksin membuat perbedaan nyata," katanya.

Namun, lebih banyak bukti diperlukan untuk mengetahui seberapa baik vaksin melindungi terhadap varian baru ini diidentifikasi di Inggris.

(Foto: aa)

YesDok Ads