Umur Berapa Bayi Bisa Diajak Bepergian Jauh?

August 10, 2022 | Kaifia

Perjalanan Jauh Mengajak Bayi

Pada dasarnya, kondisi fisik bayi masih memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah akibat komponen lemak tubuhnya. Lalu, umur berapa yang tepat si bayi boleh diajak untuk melakukan perjalanan jarak jauh? 

Menurut artikel yang dilansir oleh Berkshire Hathaway Travel Protection, secara umum, dokter menyarankan orang tua atau pengasuh untuk melakukan perjalanan jauh saat si kecil sudah dapat membangun sistem kekebalan tubuh dan menghasilkan antibodi sendiri. Hal ini bisa dilakukan paling cepat satu bulan meskipun mayoritas dokter merekomendasikan antara 3 dan 6 bulan. 

Bayi prematur atau bayi yang memiliki masalah jantung atau paru-paru mungkin akan rentan mengalami kesulitan bernapas karena tekanan udara yang lebih rendah di kabin pesawat jika Anda ingin melakukan perjalanan jauh dengan pesawat terbang. 

Saat ingin melakukan perjalanan darat yang panjang, sangat penting bagi orang tua atau pengasuh untuk memperhatikan beberapa prosedur tepat untuk si bayi

Pastikan untuk menggunakan pakaian sesuai cuacanya. Jika kondisi cuaca sedang memburuk dan kira-kira akan turun hujan sepanjang hari, gunakan pakaian yang hangat namun tetap menjaga kenyamanan si kecil. 

Siapkan kotak P3K dengan persediaan yang mungkin diperlukan untuk mengatasi masalah medis saat sedang bepergian dengan bayi Anda. Persiapkan juga obat resep meskipun si bayi hanya membutuhkannya sesekali saja. 

Selain itu, penggunaan tabir surya juga diperlukan saat sedang bepergian jauh terutama jika Anda akan menghabiskan waktu di luar ruangan. 

Gunakanlah sunscreen dengan perlindungan UVA dan UVB dengan ideal SPF 15. Jika bayi Anda dibawah 6 bulan, oleskan sedikit tabir surya ke wajah, tangan serta seluruh punggungnya. 

Melakukan road trip bersama si kecil tak hanya membuatnya jenuh, namun hal itu juga bisa menyebabkan kelelahan. Kendati kemudian, Anda perlu menjadwalkan perhentian setiap beberapa jam untuk menyusui, mengganti popok atau sekedar istirahat sejenak. Kemas botol air atau termos agar si kecil tetap terhidrasi dengan baik, terutama jika aktif menyusui.

YesDok Ads