0 Point
Diabetes

Tips Mengelola Diabetes Pascamelahirkan

Diabetes merupakan salah satu penyakit mengkhawatirkan yang bisa menimpa banyak orang di seluruh dunia. Diabetes, bahkan bisa terjadi pada ibu hamil dan ini membuat kehamilan menjadi lebih berisiko.

Diabetes adalah gangguan metabolisme di mana glukosa atau gula darah seseorang yang mengalami diabetes bisa menjadi sangat tinggi. Jika tidak dikelola dengan baik, diabetes bisa mengganggu fungsi dari organ-organ tubuh lainnya.

Ketika terjadi ketidakseimbangan tingkat insulin di tubuh, maka kadar glukosa darah bisa menjadi sangat tinggi, sehingga menyebabkan diabetes. Diabetes juga bisa menyerang ibu hamil atau yang baru saja melahirkan anaknya ke dunia. Stres yang dialami oleh seorang ibu yang baru saja melahirkan, bisa memperparah diabetes yang dialaminya.

Oleh karena itu, beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu para ibu baru yang juga mengalami diabetes:

Tips 1

Penting untuk menyadari bahwa Anda memiliki kekuatan untuk mengelola diabetes dan bayi yang baru Anda lahirkan. Jadi, kepercayaan terhadap diri sendiri akan sangat berpengaruh agar pengelolaan diabetes dapat berjalan dengan optimal.

Tips 2

Setelah kehamilan, tubuh Anda akan mengalami banyak perubahan dan ini bisa menyebabkan tubuh lebih lemah atau rentan terhadap masalah dan gangguan. Konsultasikan selalu dengan dokter, terlebih jika Anda juga mengalami diabetes yang terjadi sejak saat kehamilan. Patuhilah gaya hidup dan pola makan yang sehat agar diabetes tetap terkontrol.

Tips 3

Lakukan tes darah rutin untuk melihat apakah kadar gula darah Anda tetap terkendali atau tidak. Sebab, perubahan hormon setelah kehamilan dapat mengganggu kadar gula darah Anda.

Tips 4

Pastikan Anda berolahraga secara teratur, sehingga Anda bisa menurunkan berat badan berlebih setelah melahirkan. Berat badan yang tidak terkendali, juga bisa memperburuk gejala diabetes.

Tips 5

Meskipun Anda akan sangat sibuk merawat bayi Anda yang baru lahir, tapi sangat penting bagi Anda untuk tetap membagi waktu guna beristirahat. Ini karena diabetes dapat membuat Anda lebih sering mengalami kelelahan. Bagilah tugas dengan pasangan Anda untuk merawat bayi.

Tips 6

Meskipun Anda tetap dapat menyusui bayi Anda secara normal walaupun Anda memiliki diabetes, namun penting untuk tetap mengonsultasikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter. Ikuti semua saran yang dianjurkan oleh dokter agar tak terjadi masalah yang tidak diharapkan.

Tips 7

Pastikan bahwa Anda tetap menjaga konsumsi makanan yang sehat. Bagilah makanan Anda dalam porsi kecil, makan dalam porsi kecil dengan intensitas yang sering akan lebih baik daripada Anda makan sekaligus dalam porsi yang besar. Ini karena wanita penderita diabetes, terutama ibu yang baru saja melahirkan cenderung mengalami tekanan darah rendah.

(Foto: partnersinpediatrics.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok