0 Point
Mual pada ibu hamil

Tips Mengatasi Morning sickness pada Ibu Hamil

Masa awal kehamilan, biasanya menjadi tantangan tersendiri bagi ibu hamil. Tidak jarang mereka mengalami mual yang kerap terjadi di pagi hari dan disebut morning sickness. 

Rasa mual pada saat kehamilan sebenarnya tidak hanya terjadi di pagi hari, melainkan dapat dirasakan pada siang, sore, atau malam.

Morning sickness memiliki gejala utama mual muntah, pusing, badan terasa pegal-pegal dan gejala tersebut bisa dialami di pagi hari, sore hari bahkan di malam hari. 

Gejala morning sickness yang muncul pada malam hari bahkan terkadang bisa lebih parah atau merepotkan daripada yang terjadi pada pagi hari, sehingga mengganggu tidur ibu hamil.

Morning sickness pada kehamilan muda didasari oleh terjadinya peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin), perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan kemungkinan berperan besar terhadap kejadian morning sickness ini. 

Perubahan indera penciuman yang lebih sensitif dan kerja fungsi pencernaan yang berkurang selama kehamilan juga mungkin berpengaruh, dimana peningkatan hormon HCG ini grafiknya seperti naik tangga. 

Terjadinya kehamilan berjalan beriringan dengan meningkatnya hormon HCG sebagai hormon utama yang berperan pada kehamilan. Hormon ini diproduksi setelah terjadi pembuahan serta adanya jaringan plasenta yang terbentuk di awal pertumbuhan janin. 

Kadar HCG akan meningkat pada usia 10-12 minggu pertama kehamilan, selanjutnya menurun dan akan stabil hingga menjelang proses persalinan. Hormon ini terdapat dalam darah dan urine ibu hamil.

Hormon HCG berfungsi menjaga atau mempertahankan kehamilan seperti penguat, terutama pada usia kehamilan muda. Efek Kadar HCG yang tinggi pada trimester pertama umumnya menimbulkan rasa mual. Jadi, jangan heran kalau di rentang 1-3 bulan usia kehamilan, bumil mengalami morning sickness.

Ada cara yang bisa digunakan untuk mengurangi atau meredakan efek mual yang ada yaitu dengan mengkonsumsi minuman jahe  atau menghirup minuman yang beraroma segar seperti mint bisa meredakan pusing dan mengurangi mual-mual yang menyerang saluran cerna dan mengonsumsi makanan asin seperti biskuit. Morning sickness ringan hingga sedang biasanya tidak memengaruhi kesehatan bayi, jika morning sickness yang dialami sangat parah segera berkonsultasi ke dokter.

(Foto: herminahospital)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok