0 Point
Teh hijau

Teh Hijau untuk Perawatan Jerawat, Bisakah?

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang umum dialami banyak orang. Tahukah Anda beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau adalah obat alami yang ampuh untuk mengatasi jerawat ringan.

Teh hijau mengandung senyawa yang disebut katekin. Katekin memiliki sifat antibiotik, anti-inflamasi, dan antioksidan. Salah satu senyawa katekin dalam teh hijau adalah epigallocatechin gallate (EGCG). EGCG memiliki sifat anti-inflamasi, antibiotik, dan antioksidan yang signifikan yang dapat membantu mencegah atau mengobati jerawat.

Menurut tinjauan studi penelitian tahun 2017, senyawa dalam teh hijau yang dikenal sebagai polifenol dapat membantu kesehatan kulit dengan membantu mencegah kelenjar sebaceous memproduksi sebum berlebih.

Terlalu banyak sebum dapat menyebabkan sel kulit mati saling menempel dan menyumbat pori-pori yang kemudian memicu timbulnya jerawat. Mengurangi produksi sebum pada kulit dapat membantu mencegah munculnya jerawat.

Sebuah tinjauan dari pilihan perawatan kulit untuk merawat kulit berminyak mengutip dua penelitian kecil, yang mendukung penggunaan ekstrak teh hijau topikal untuk pengurangan minyak. Kedua studi tersebut menunjukkan beberapa pengurangan minyak dalam 60 hari pada partisipan yang menggunakan ekstrak teh hijau pada kulit mereka.

Tinjauan lebih lama di tahun 2012 menunjukkan bahwa menggunakan ekstrak teh hijau secara topikal dapat membantu banyak masalah kulit, termasuk jerawat. Namun, penulis mencatat bahwa manfaat menggunakan teh hijau secara oral atau topikal tidak selalu konsisten.

Dalam sebuah studi dari tahun 2016, para peneliti meneliti bagaimana suplemen teh hijau, khususnya EGCG, memengaruhi jerawat pada wanita pascaremaja. Mereka menemukan bahwa suplemen membantu mengurangi lesi peradangan di sekitar hidung, mulut, dan dagu.

Saat menggunakan teh hijau untuk mengatasi jerawat, seseorang dapat mengoleskan produk yang mengandung teh hijau secara topikal pada kulit. Sebagai alternatif, mereka juga dapat mengonsumsi suplemen teh hijau untuk pengobatan dari dalam.

Jadi, bagi Anda yang tengah mengalami masalah jerawat, mencoba perawatan dengan teh hijau tentu tidak ada salahnya.

(Foto: acneeinstein.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok