0 Point
olahraga lari

Tanda-tanda Anda Berolahraga Lari Terlalu Banyak

Bagi Anda yang gemar dengan olahraga lari, gelombang endorfin yang menciptakan perasaan hampir euforia di seluruh otak Anda. Jadi wajar saja jika Anda menginginkan lebih. 

Tetapi melatih tubuh Anda secara berlebihan dengan berlari terlalu banyak dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan yang berbeda.

Untungnya, tubuh Anda biasanya mengirimkan sinyal saat Anda berlatih terlalu jauh. Berikut adalah beberapa tanda Anda terlalu banyak olahraga berlari dan mungkin perlu menguranginya.

Otot Anda terasa lebih lemah bukannya lebih kuat

Berlari terlalu banyak dapat merusak otot Anda, membuatnya lelah dan rentan cedera.

Timothy Lyman, pelatih pribadi bersertifikat ACE dan ISSA dan direktur program pelatihan di Fleet Feet Pittsburgh, mengatakan bahwa salah satu tanda kelelahan fisik dan overtraining yang paling umum pada pelari adalah plantar fasciitis, peradangan yang menyebabkan rasa sakit yang tajam di dekat pangkal dari tumit.

"Peradangan adalah akibat dari melemahnya otot di kaki, yang menyoroti pentingnya bentuk dan istirahat yang tepat," kata Lyman. 

"Pastikan untuk menggunakan sol yang mendukung dan melakukan peregangan secara teratur untuk menghindari rasa sakit."

Anda mulai merasa sakit secara fisik

Ketika melakukan jumlah yang tepat, olahraga dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda. Tetapi melakukan olahraga apa pun, termasuk berlari, terlalu sering dapat melemahkan sistem kekebalan Anda dan membuatnya melemah.

"(Terlalu banyak) olahraga dalam bentuk apa pun dapat menekan sistem kekebalan Anda dan sering menyebabkan penyakit," kata Harley Pasternak, pelatih kebugaran selebriti. "Juga, gejala seperti flu, nyeri otot atau jaringan ikat, dan bahkan depresi bisa menjadi produk sampingan dari overtraining."

Anda belum merasa nafsu makan

Setiap peningkatan tingkat aktivitas Anda akan memulai metabolisme Anda dan meningkatkan rasa lapar Anda. 

Tetapi jika Anda terlalu banyak berlatih dengan berlari terlalu banyak, tubuh Anda bisa jatuh ke dalam kondisi kelelahan yang benar-benar dapat menekan nafsu makan Anda, kata Lyman.

Suasana hati terus berubah

Berolahraga memberi Anda dorongan endorfin yang memicu respons positif di otak Anda. Sayangnya, jika Anda terlalu banyak berlari, endorfin ini akan dibayangi oleh kelelahan dan mungkin kurangnya kualitas tidur yang dapat diakibatkan oleh latihan yang berlebihan. Ini berpotensi menyebabkan perubahan suasana hati.

"Adalah umum bagi pelari untuk mengalami perubahan suasana hati," kata Lyman. "Olahraga berlebihan dapat menyebabkan tubuh Anda tidak menghasilkan jumlah hormon tertentu yang tepat, yang dapat mempengaruhi cara Anda berfungsi dan bertindak di sekitar orang lain."

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok