0 Point

Tanaman Herbal untuk Penurunan Berat Badan

Siapa yang tidak memiliki berat badan yang ideal. Beragam cara rela dilakukan orang-orang agar suskes dalam diet, diantaranya beolahraga hingga makan seimbang.

 
Tapi tahukah Anda jika tanaman herbal juga memiliki peran dalam penurunan berat badan? Dilansir Times of India, berikut beberapa herbal yang dapat membantu Anda dalam proses perencanaan penurunan berat badan.


1. Pepermin

Pepermin telah lama dipercaya mampu meningkatkan citarasa dari makanan yang biasa. Namun tahukah Anda jika pepermin memiliki khasiat lain yakni sebagai penekan nafsu makan. Dengan mengerem sedikit nafsu makan tentunya Anda secara otomatis mengonsumsi lebih sedikit kalori untuk program penurunan berat badan. Pepermin bekerja memudahkan pencernaan, gas, serta zat keasaman. Sebagaimana kita tahu, pencernaan yang tepat adalah langkah awal jika ingin menurunkan berat badan. Herbal ini juga terbukti ampuh sebagai obat untuk sindrom iritasi usus besar (IBS).


2. Oregano

Herbal ini umumnya sering digunakan sebagai pizza hingga roti lapis. Tapi tahukah Anda bahwa ramuan ini kaya akan sumber senyawa bioaktif seperti polifenol dan flavonoid? Kedua enzim ini penting untuk fungsi insulin yang memengaruhi aktivitas dalam tubuh.

Sebuah penelitian dari Meksiko menemukan bahwa oregano sangat bagus untuk mengelola diabetes. Metabolisme yang tinggi dan pengaturan gula yang lebih baik dapat membuatnya lebih mudah untuk mengatur berat badan. Oregano juga bisa meredakan sembelit dan mengurangi sembelit hingga atasi gangguan pencernaan.

 
3. Rosmarin

Rosmarin penuh dengan kandungan antioksidan yang memiliki sifat anti-inflamasi. Antioksidan pada herbal ini dikenal mampu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan menurunkan kadar gula darah. Khasiatnya yang unik menjadikan rosmarin ramuan yang sempurna untuk membantu penurunan berat badan. Rosmarin juga melindungi tubuh dari beberapa gangguan metabolisme hingga memiliki potensi anti-obesitas.


4.Peterseli

Perterseli telah lama dikenal mampu bekerja mengurangi kembung dan menyingkirkan retensi air. Kandungan serat dalam peterseli yang tinggi yang membuatnya menjadi ramuan ampuh penurun berat badan yang sempurna.

Eugenol yang terkandung pada peterseli bekerja menurunkan kadar gula darah dan memiliki potensi untuk mengobati hiperglikemia. Jadi, sudah pasti peterseli sangat bagus untuk manajemen berat badan terutama bagi penderita diabetes.


5. Spearmint

Kandungan zat pada spearmint dipercaya mampu menyeimbangkan hormon pada tubuh. Spearmint juga dapat membantu meningkatkan level estrogen. Kadar estrogen yang rendah telah dikaitkan dengan penambahan berat badan. Dengan kata lain, jika hormone pada tubuh Anda seimbang, maka membantu dalam program penurunan berat badan.

 

(Foto: vegetariantimes.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok