0 Point

Segudang Manfaat Wortel

Sejak kecil, orang tua kita telah memberi tahu bahwa makan wortel baik untuk mata kita, dan itu memang benar. Wortel adalah salah satu sayuran yang paling sehat yang merupakan sumber senyawa tanaman yang baik seperti betakaroten, alfakaroten, likopen, lutein, anthocyanin, dan polyacetylenes.

Wortel memiliki warna yang beragam seperti merah, kuning, ungu, oranye, dan putih. Wortel berwarna oranye lebih punya rasa manis, renyah, dan beraroma. Warna oranye yang ada dalam wortel berasal dari betakaroten, senyawa antioksidan yang diubah tubuh menjadi vitamin A.

Berikut Manfaat Kesehatan Wortel:

1. Membantu menurunkan berat badan

 Wortel mengandung kalori dan serat rendah yang cocok menjadi bagian dari diet karenameningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori dalam makanan berikutnya.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Wortel dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Sayuran ini sumber serat dan antioksidan yang baik seperti karotenoid, vitamin C dan polifenol dan berkontribusi terhadap kesehatan jantung.

3. Menurunkan risiko kanker

Wortel memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko berbagai jenis kanker seperti kanker paru-paru, prostat, usus besar, dan perut . Menurut sebuah penelitian, kandungan karoten dalam wortel diketahui dapat melindungi terhadap kanker paru-paru dan kanker payudara.

4. Mengurangi tekanan darah

Wortel merupakan sumber potasium yang sangat baik dimana dapat membantu meredakan ketegangan di pembuluh darah dan arteri, dan meningkatkan sirkulasi darah serta menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Mempertahankan fungsi penglihatan

Mengkonsumsi wortel  dapat menurunkan risiko kebutaan dan degenerasi makula terkait usia.

6. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Wortel merupakan sumber vitamin C yang baik, memiliki antioksidan yang larut dalam air yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga mencegah penyakit kronis dan mengurangi keparahan pilek atau flu.

7. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Banyaknya kandungan vitamin A yang ditemukan dalam wortel ternyata berkontribusi pada kesehatan kulit dengan mendorong produksi sel sehat sehingga membantu menjaga kulit tetap kencang dan sehat.

(Foto: medicalnewstoday.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok