0 Point
jus

Rutin Konsumsi Jus Buah, Sehat atau Tidak?

Ada beberapa kontroversi tentang efek jus bagi kesehatan. Jus murni dapat memberi orang vitamin C dan antioksidan. Namun, beberapa orang berpendapat bahwa jus adalah bentuk gula terkonsentrasi dan dapat menyebabkan obesitas.

Orang dapat minum jus sebagai bagian dari diet sehat dan menghitungnya sebagai asupan kalori harian. Jenis terbaik untuk dipilih adalah jus murni 100%, karena menghindari tambahan gula, pemanis, atau pewarna.

Semua buah dan sayuran mengandung vitamin, mineral, dan fitonutrien penting. Orang bisa bereksperimen dengan membuat jus segar dari buah atau kombinasi buah dan sayur.

Lebih baik mengkonsumsi jus segar segera setelah disiapkan untuk menghindari oksidasi dan kerusakan vitamin.

Mungkin ada beberapa manfaat yang terkait dengan minum jus. Sebuah penelitian tahun 2019 menunjukkan bahwa mengkonsumsi 1 porsi jus buah per hari dapat membantu orang mencapai asupan buah dan sayuran harian yang direkomendasikan.

Penulis mengatakan bahwa jus buah merupakan sumber vitamin C, karotenoid, dan polifenol yang baik bagi kesehatan.

The American Heart Association merekomendasikan 4–5 porsi buah dan sayuran per hari. Disarankan bahwa seperempat cangkir jus buah murni 100% dapat memenuhi salah satu porsi harian.

Sebuah tinjauan sistematis dan meta-analisis mengidentifikasi bahwa jus buah mungkin melindungi terhadap hipertensi. Para peneliti menunjukkan bahwa minum di bawah 200 ml jus buah 100% sehari dikaitkan dengan risiko hipertensi yang lebih rendah, tetapi ada peningkatan risiko pada dosis yang melebihi jumlah ini.

Studi tersebut juga mencatat bahwa efek perlindungan mungkin disebabkan oleh nutrisi dan senyawa bioaktif dalam jus. 

Dampak berbahaya pada dosis yang lebih tinggi mungkin disebabkan oleh konsumsi kalori berlebih, yang melebihi efek positifnya, menurut para peneliti.

Ulasan lain menyimpulkan bahwa beberapa jus mungkin menawarkan perlindungan kardiovaskular dan menurunkan kolesterol. Polifenol dan vitamin dalam jus memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi. 

Namun, penulis mencatat bahwa para ilmuwan perlu melakukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi mekanisme dan kemungkinan adanya efek samping dari gula.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok