0 Point
Efek Samping Dental Floss

Perhatikan Efek Samping Dental Floss Ini Sebelum Menggunakannya

Selain menyikat gigi, melakukan flossing gigi juga diperlukan, agar dapat membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi. Alih-alih menggunakan tusuk gigi, akan lebih baik bagi Anda untuk menggunakan benang gigi atau dental floss dalam membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan yang tersangkut.

Selain membersihkan sisa makanan, dental floss juga dapat membersihkan plak di antara sela-sela gigi. Dental floss terbuat dari sutra unwaxed, yang memiliki tekstur lebih lembut dan lebih elastis, sehingga lebih aman untuk gusi. Meski, Anda tidak disarankan juga untuk menggunakan dental floss secara sembarangan, karena salah satu efek samping dental floss adalah terbentuknya luka pada gusi, yang bahkan menyebabkan gusi berdarah.

Flossing gigi sebaiknya dilakukan setelah menyikat gigi. Ini untuk memastikan gigi benar-benar bersih dari sisa-sisa makanan dan plak yang menempel. Melakukan flossing tanpa menyikat gigi terlebih dahulu, dikhawatirkan akan mengurangi efektivitasnya, karena yang patut diingat, menyikat gigi tetap menjadi cara membersihkan gigi yang utama, dan tidak boleh ditinggalkan.

Sebelum menggunakan dental floss, Anda patut memperhatikan efek samping, jika penggunaan dental floss tidak tepat. Efek samping dental floss yang digunakan sembarangan, bisa menyebabkan sisa makanan semakin terdorong ke dalam, sehingga sulit dikeluarkan.

Saat sisa makanan terjebak dan tidak bisa dibersihkan, ini bisa membuat karies pada akar gigi, dan terbentuknya kantong makanan.

Selain itu, penggunaan dental floss yang sembarangan dan kasar, juga bisa berakibat melukai gusi dan menyebabkan gusi berdarah. Lakukan flossing gigi dengan lembut, dan pastikan Anda menggunakan benang khusus untuk membersihkan gigi, bukan benang jahit.

Efek samping dental floss terhadap kesehatan gigi juga bisa terjadi, jika Anda menggunakan benang gigi secara berulang, di mana benang gigi harusnya hanya sekali pakai. Benang gigi yang sudah pernah digunakan menyimpan bakteri dan kotoran, sehingga ketika Anda menggunakannya lebih dari sekali, ini berpotensi menyebabkan gigi terpapar oleh bakteri dan kotoran, sehingga memicu lebih banyak masalah.

(Foto: harfordcountydentistry.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok