0 Point
Sperma

Penyebab Sperma Encer yang Sering Diabaikan

Sperma atau air mani merupakan cairan kental berwarna putih yang dikeluarlan oleh pria saat ejakulasi. Seperti kesehatan tubuh lainya, sperma juga harus dijaga agar tetap baik dan berkualitas. Sperma yang sehat sangat menunjang kesuburan seorang pria.

Salah satu kondisi sperma yang menjadi momok menakutkan pada pria adalah sperma yang encer. Dibeberapa kondisi sperma menjadi encer. Ini penyebab yang membuat sperma menjadi encer sebagai berikut:

Jumlah sperma yang rendah

Penyebab paling umum yang membuat sperma menjadi encer adalah jumlah sperma yang rendah. Kondisi ini dikenal dengan sebutan oligospermia. Jika air mani yang keluar sedikit berarti mengandung lebih sedikit jumlah sperma. Hitungan sperma yang kurang dari 15 juta per mililiter diangap dibawah normal.

Ejakulasi yang terlalu sering

Produksi air mani bisa dipengaruhi oleh seberapa sering ejakulasi yang dilakukan. Jika Anda masturbasi beberapa kali dalam sehari, maka sperma setelah ejakulasi pertama akan lebih encer dan cenderuny berair. Tubuh membutuhkan beberapa waktu agar kualitas sperma menjadi normal kembali.

Kekurangan zat besi

Kekurangan zat bisa bisa menyebabkan sperma menjadi lebih encer. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pria yang memiliki kadar zinc atau zat besi yang cukup pada tubuhnya dapat melawan efek antibodi anti-sperma lebih baik. Antibodi ini diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh, yang akan menganggap sperma sebagai benda asing.

Lingkungan dan gaya hidup

Lingkungan serta gaya hidup bisa memengaruhi kualitas sperma. Seperti lingkungan tempat kerja dan tinggal, kebiasaan sehari-hari, merokok, mengonsumsi alkohol dalam jangka waktu yang lama dapat membuat kuaalitas sperma menjadi tidak baik.

Dalam beberapa kondisi sebenarnya sperma yang encer merupakan kondisi normal. Sperma yang cair bukan bukanlah indikator bahwa sperma tidak sehat. Hal ini juga tidak menandakan bahwa sperma encer tidak sehat. 

(Foto: yahoo finance)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok