0 Point
sistem pencernaan

Penyebab Munculnya Gas dalam Sistem Pencernaan

Gas adalah bagian normal dari fungsi sistem pencernaan Anda. Tetapi dalam beberapa kasus, terlalu banyak gas dapat menumpuk di usus Anda dan Anda mungkin mengalami kembung atau kram perut.

Seiring berjalannya waktu, gas akan hilang tanpa pengobatan secara alami. Bagi Anda yang belum tahu, ada tiga cara gas memasuki sistem pencernaan Anda.

Pencernaan yang kurang lancar

Gas dibuat ketika bakteri yang hidup di usus besar Anda memecah makanan tertentu. Karbohidrat, khususnya, membutuhkan waktu lebih lama untuk dipecah dan dapat mencapai usus besar Anda tanpa dicerna sepenuhnya. 

Makanan yang dicerna sebagian ini berada di usus besar Anda dan melalui proses fermentasi yang menghasilkan gelembung udara, yang keluar sebagai gas.

Menelan udara

Gas juga bisa masuk ke saluran pencernaan Anda saat Anda menelan udara saat makan dan minum. Anda mungkin menelan lebih banyak udara dari biasanya saat mengunyah permen karet, minum minuman berkarbonasi seperti soda, atau merokok.

Intoleransi makanan 

“Anda mungkin juga mengalami lebih banyak masalah dengan gas jika Anda memiliki semua jenis intoleransi makanan,” kata Kyle Staller, MD, MPH, Direktur Laboratorium Motilitas Gastrointestinal (GI) di Rumah Sakit Umum Massachusetts dan Sekolah Medis Harvard. 

"Contoh yang baik adalah ketika orang memiliki intoleransi laktosa," kata Staller. "Sebagian dari gula susu tidak sepenuhnya diserap sehingga dengan senang hati digunakan oleh bakteri untuk membuat gas."

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok