0 Point
Menghirup udara bersih

Pentingnya Udara Bersih untuk Jantung Sehat

Polusi udara menempati posisi ke – 3 dalam menyumbang global mortality. Polusi udara meningkatkan all couse mortality dan cardiovascular mortality.

Tubuh manusia memiliki sistem sirkulasi darah, dimana darah akan terus berputar dari jantung keseluruh tubuh dan akan kembali lagi ke jantung dan kemudian akan dikirim ke paru-paru dan akan kembali ke jantung. 

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di RSUI, dr. Sony Hilal Wicaksono, Sp.JP(K), FIHA menuturkan Paru-paru inilah tempat masuknya udara dari udara sekitar kita. “Pada jaringan paru terdapat alveolus yang menjadi tempat pertukaran darah dan udara. Jadi udara masuk ke dalam darah akan masuk melalui alveolus yang ada di paru-paru,” ujarnya.

Partikel udara dibagi berdasarkan ukuran partikel, yakni 100 mikrmeter, 10 mikrometer, 2.5 mikrometer, 0.1 dan 0.01 mikrometer. Ukuran udara yang dapat mencapai alveolus adalah PM2.5, ukuran lebih besar dari itu hanya mencapai saluran nafas atas. Partikel PM2.5 ini akan masuk ke sirkulasi darah. 

Dampak PM 2.5 masuk ke pembuluh darah akan menyebabkan disfungsi endotel. Disfungsi endotel merupakan inisiator pembentukan plak aterosklerosis.

Dr Sony mengatakan apabila hal ini terjadi, maka sel-sel kolesterol akan masuk ke sela-sela endotel dan menyebabkan menumpuknya kolesterol dalam pembuluh darah. Serangan jantung terjadi ketika plak aterosklerosis di arteri koroner pecah. “Sehingga paparan PM 2.5 bisa menyebabkan inisiator aterosklerosis dan trigger sindrom koroner akut,” jelasnya.

Dr Sony memberikan rekomendasi udara bersih untuk kesehatan jantung untuk individu yang dapat dilakukan dengan menggunakan masker dan menggunakan air purfier dalam ruangan, hindari berkendaraan atau berpergian saat rush hour, dan melakukan diet sehat.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok