Pentingnya Imunisasi saat Pandemi Covid-19

June 02, 2020 | Iman

Imunisasi anak

Imunisasi adalah cara terbaik untuk melindungi buah hati Anda dari penyakit. Dengan melakukan imunisasi, Anda dapat melindungi keluarga Anda dan lingkungan Anda agar tetap sehat.

Meskipun saat ini tengah melanda wabah Coronavirus (Covid-19), Imunisasi anak saat pandemi adalah hal yang penting untuk dilakukan dengan tetap memperhatikan jadwal imunisasi, physical distancing dan sarana kesehatan yang dipilih.

Perlu diketahui, hampir semua negara mengalami infeksi virus COVID-19 termasuk Indonesia. Lamanya suatu daerah terkena infeksi ini belum dapat dipastikan, meskipun diperkirakan berlangsung singkat akan tetap meningkatkan kerentanan anak terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi.

Mengapa Imunisasi Anak Saat Pandemi menjadi Penting?

Hampir setiap tahun ada KLB (Kejadian Luar Biasa) atau “wabah” di Indonesia, yang menyerang bayi, balita, anak, atau saudara kita hingga mengalami sakit berat, cacat, bahkan meninggal.

KLB (Kejadian Luar Biasa) atau “wabah” yang pernah terjadi di Indonesia salah satunya adalah Polio pada tahun 2005 – 2006 yang mengakibatkan 351 anak Indonesia cacat lumpuh.

Mesikpun pada tahun 2014, Indonesia telah resmi dinyatakan bebas Polio oleh WHO. Namun cakupan Imunisasi rutin di Indonesia masih terbilang kurang memuaskan, dapat dilihat dari cakupan Vaksin DPT 3 dan Vaksin MR (measles & rubella) pada tahun 2019 yang tidak mencapai 90% dari target.

Perlu diketahui bahwa Imunisasi tidak meningkatkan risiko infeksi Covid 19 dan belum ada imunisasi atau vaksin untuk mencegah infeksi virus Covid 19.

Jika anda ingin membawa anak anda untuk imuniasasi, Perhatikan Kondisi Ruangan dan Terapkan Physical Distancing dan yang harus diperhatikan adalah

1. Lakukan Imunisasi Anak dengan perjanjian.

2. Tidak menumpuk dan hanya didampingi oleh satu pengantar.

3. Ruangan cukup lega dengan sirkulasi yang baik.

4. Menerapkan prinsip berjarak 1-2 m antar pengunjung rumah sakit.

5. Sediakan tempat untuk mencuci tangan atau hand sanitizer.

6. Setelah vaksinasi tunggu selama 30 menit.

Oleh sebab itu, imunisasi anak saat pandemi terutama vaksinasi dasar tetap perlu diberikan, dengan memperhatikan jadwal imunisasi, physical distancing dan sarana kesehatan yang dipilih. 

(Foto : healthline)

YesDok Ads