0 Point

Pentingkah Mencuci Sayur dan Buah Sebelum dikonsumsi?

Percakapan seputar cara mencuci produk makanan kadang membuahkan kontroversi. Ada kala orang yang berpikir bilas dalam air sudah cukup, sementara yang lain berpikir satu-satunya cara untuk benar-benar membersihkan kotoran, harus dicuci dengan sabun berbahan kimia. Namun tidak jarang juga, yang berpikir mencuci buah atau sayur tidak begitu penting. Jadi, apakah penting mencuci makanan Anda sebelum dimakan? Beginilah jawaban para ahli:

Mengapa Anda perlu mencuci buah dan sayuran sejak awal?

Ada beberapa alasan mengapa penting untuk membilas setiap buah dan sayuran yang Anda konsumsi dengan air. Pertama, sering ada kotoran yang menempel sebelum dicuci, dan tidak ada orang yang suka makanan kotor. Banyak buah-buahan dan sayuran disemprot dengan pestisida, yang tidak selalu aman untuk dikonsumsi.

Tetapi menurut ahli gizi Karina Heinrich, alasan paling penting untuk membilas dan menggosok buah-buahan dan sayuran adalah untuk melindungi diri Anda dari penyakit bawaan makanan. Bahkan, menurut Food and Drug Administration, 48 juta orang jatuh sakit akibat makanan yang terkontaminasi setiap tahun.

Tujuan dari mencuci dengan baik adalah untuk mengurangi bakteri dan mencegah penyakit apa pun, seperti E. Coli,” katanya.

Kita hanya mendengar tentang beberapa penyakit bawaan makanan yang terjadi, seperti salmonella atau E. Coli - jadi orang yang sakit karena buah dan sayuran yang tidak dicuci sebenarnya lebih umum daripada yang kita pikirkan.

"Seringkali kita hanya mendengar tentang wabah besar, tetapi kontaminasi dapat terjadi pada skala apa pun," jelasnya.

Ia pun mengatakan, "Waktu terbaik untuk mencuci produk adalah segera sebelum makan atau memasak produk," katanya. “Anda harus menghindari pembilasan dan menyimpan produk karena itu menciptakan habitat basah yang sempurna bagi bakteri untuk tumbuh. Terlalu banyak uap air dapat menyebabkan buah-buahan dan sayuran menjadi buruk lebih cepat."

Inilah cara mencuci buah dan sayuran Anda.

Inilah pertanyaan besar: Bisakah Anda mencuci dengan air mengalir? Sanchez mengatakan ya; Heinrich mengatakan tidak.

"Mulailah dengan mencuci tangan dengan benar dengan sabun atau air, yang memastikan bahwa tidak ada mikroba yang ditransfer dari tangan Anda ke produk segar," kata Sanchez. “Ketika benar-benar mencuci, gunakan air yang mengalir dan gosok buah-buahan dan sayuran dengan cepat dengan tangan Anda untuk menghilangkan kotoran dan mikroorganisme permukaan.

Tip yang baik adalah menghindari penggunaan air panas, yang dapat memungkinkan mikroorganisme memasuki batang. Sanchez menyarankan agar tidak menggunakan segala jenis pencuci produk berbahan kimia, karena efek samping belum diteliti dengan benar.

Meskipun Heinrich tidak menyarankan membeli produk pencuci, hanya dengan air tidak tidak dapat membuat buah dan sayur Anda 100 persen bersih dari residu pestisida.

"Membilas buah di bawah keran dapur dapat menghilangkan kotoran. Tetapi banyak penelitian menunjukkan bahwa menambahkan soda kue ke dalam air adalah cara terbaik untuk menghilangkan residu pestisida. Untuk melakukan eliminasi bakteri, gunakan sikat sayur saat mencuci produk dengan kulit tebal dan keras, dan buanglah bagian daun luar sayuran hijau seperti kol dan selada sebelum dicuci.”

Foto: pexels

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok