0 Point
Migrain

Penderita Migrain Berisiko Lebih Tinggi Alami Kondisi Ini

Apakah Anda memiliki migrain? Tentu ini merupakan kondisi penyakit yang menyebalkan. Selain itu saat Anda memiliki migrain, Anda mungkin juga berisiko mengalami beberapa penyakit lain.

Sebuah studi baru menemukan bahwa orang yang menderita sakit kepala migrain kronis, tiga kali lebih mungkin untuk menderita kelainan tulang rahang yang parah. Penelitian tersebut dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Sao Paulo di Brazil. Selama penelitian mereka menemukan bahwa semakin sering serangan migrain, semakin parah gangguan temporomandibular (TMD) yang memengaruhi sendi rahang.

Selama penelitian, peneliti menilai 84 wanita berusia awal hingga pertengahan tiga puluhan, 21 di antaranya merupakan pasien migrain kronis, 32 memiliki migrain episodik, sementara 32 tanpa riwayat migrain juga disertakan sebagai kontrol.

Tanda-tanda dan gejala TMD diamati pada 54 persen peserta kontrol tanpa migrain, 80 persen peserta dengan migrain episodik, dan 100 persen pada peserta dengan migrain kronis.

Menurut peneliti, migrain merupakan penyakit neurologis dengan penyebab multifaktorial. Sedangkan TMD seperti cervicalgia atau nyeri leher dan gangguan muskuloskeletal lainnya adalah serangkaian faktor yang meningkatkan sensitivitas penderita migrain.

TMD dapat meningkatkan frekuensi dan tingkat keparahan serangan migrain, meski tidak secara langsung menyebabkan migrain. Memiliki TMD dapat memperburuk serangan migrain baik dalam hal keparahan dan frekuensinya. Studi ini dipublikasikan dalam Journal of Manipulative and Physiological Therapeutics.

(Foto: wexnermedical.osu.edu)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok