0 Point
Latihan angkat beban

Pembentukan Otot Dalam Tubuh dan Cara Meningkatkan Massa Otot

Menjaga tubuh agar tetap aktif mampu menimbulkan manfaat yang baik untuk kesehatan fisik secara keseluruhan serta merupakan cara terbaik untuk membangun otot rangka. Otot rangka merupakan salah satu dari ketiga jenis otot utama. 

Untuk membentuk otot tubuh, umumnya seseorang akan melakukan jenis aktivitas fisik yang tepat. Meskipun hasilnya mungkin tidak selalu berbuah secara instan, membuat rutinitas latihan kekuatan otot akan menunjukkan peningkatan otot yang nyata setelah beberapa bulan.

Pembentukan otot dalam tubuh 

Ukuran otot meningkat ketika seseorang secara persisten menghadapi tingkat resistensi atau berat yang lebih tinggi. Proses ini dikenal dengan hipertrofi otot.

Hipertrofi otot terjadi ketika serat otot mengalami kerusakan atau cedera.

Ketika Anda melakukan jenis olahraga berat seperti angkat besi, serat otot Anda akan cenderung mengalami trauma atau yang kita kenal dengan cedera otot. Ketika otot Anda terluka akibat kondisi tersebut, sel-sel satelit di bagian luar serat otot menjadi aktif. Mereka berusaha memperbaiki kerusakan tersebut bersama dengan menggabungkannya dan hasilnya, hal itu bisa meningkatkan serat otot.

Selain itu, hormon tertentu, seperti testosteron, berperan dalam membantu pertumbuhan dan perbaikan otot.

Hormon tersebut juga mengontrol sel satelit dan bekerja seperti dibawah ini

  • Membentuk kapiler darah baru
  • Memperbaiki sel otot
  • Mengirim sel ke otot setelah berolahraga 
  • Meningkatkan cara tubuh melakukan proses protein
  • Merangsang hormon anabolik, yang dimana mendorong pertumbuhan otot
  • Meningkatkan pertumbuhan jaringan

Untuk melakukan aktivitas fisik dengan intensitas berat, Anda tidak harus menghabiskan satu hari penuh berada di gym. 

Latihan beban selama 20-30 menit, 2 hingga 3 kali dalam seminggu sudah cukup bagi Anda untuk melihat hasilnya. 

Latihan aerobik juga dapat membantu pertumbuhan dan fungsi otot secara keseluruhan. Hasil yang tampak umumnya akan terlihat pada orang yang lebih tua dan individu yang jarang bergerak.

Cara efektif melakukan pembentukan otot pada tubuhnya bisa berbeda-beda bagi setiap orang dan tergantung pada usia, jenis kelamin dan genetika, namun perkembangan otot dapat meningkatkan jika berlatih secara konsisten dan dalam jangka waktu panjang.

Seseorang juga berhasil mencapai target mereka apabila mendapatkan istirahat yang cukup. Ahli menyarankan untuk tidak melakukan latihan otot pada kelompok otot yang sama selama dua hari berturut-turut.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok