0 Point
Vitamin D

Mengenali Golongan Orang yang Membutuhkan Vitamin D

Vitamin D adalah nutrisi penting bagi tubuh manusia yang harus diperoleh tubuh dari makanan. Vitamin yang larut dalam lemak ini adalah salah satu vitamin yang paling unik yang digunakan oleh tubuh karena kulit sebenarnya memproduksinya melalui sinar matahari.

Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor yang penting untuk kesehatan tulang. Selain itu, vitamin D mengontrol pertumbuhan kanker, mengontrol infeksi dan mengurangi peradangan.

Tunjangan diet yang direkomendasikan vitamin D untuk orang dewasa adalah 15 mcg setiap hari untuk pria dan wanita. Persyaratan diet untuk mereka yang berusia di atas 70 tahun adalah 20 mcg setiap hari.

Berbagai manfaat vitamin D

Vitamin D telah dikaitkan dengan beberapa kondisi kesehatan seperti kesehatan tulang dan kekuatan otot, kanker, penyakit jantung, diabetes tipe 2, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menurunkan risiko kematian dini.

Beberapa studi mengkonfirmasi hubungan langsung vitamin D dalam mengendalikan penyakit parah seperti diabetes, penyakit jantung dan kanker dan perannya dalam meningkatkan kesehatan tulang, dan kekebalan.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin D efektif dalam mengendalikan jenis kanker tertentu seperti kanker usus besar, prostat, dan payudara.

Bagaimana tubuh memproduksi vitamin D?

Vitamin D terbentuk ketika reaksi kimia terbentuk pada kulit manusia. Ketika kulit terkena sinar matahari, steroid yang disebut 7-dehydrocholesterol dipecah. Proses mengarah pada pembentukan vitamin D.

Sintesis vitamin D yang diinduksi matahari sangat dipengaruhi oleh musim, waktu, garis lintang, ketinggian, polusi udara, pigmentasi kulit, penggunaan tabir surya, melewati kaca dan plastik, dan penuaan. Vitamin D dimetabolisme secara berurutan di hati dan ginjal menjadi 25 -hydroxyvitamin D yang merupakan bentuk sirkulasi utama dan 1,25-dihydroxyvitamin D yang merupakan bentuk biologis aktif masing-masing.

Golongan orang yang perlu vitamin D

Kelompok orang berikut lebih rentan mengalami kekurangan vitamin D daripada yang lain:

Seseorang yang memakai pakaian berlapis dan kurang asupan sinar matahari

Mereka yang memakai tabir surya

Mereka yang tidak menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan

  • Seseorang yang memiliki warna kulit lebih gelap
  • Orang dewasa; terutama tinggal di dalam rumah dan memiliki tingkat 7-dehydrocholesterol yang berkurang
  • Obesitas
  • Penderita osteoporosis
  • Mereka yang memiliki kondisi ginjal atau hati kronis

Tanda-tanda kekurangan vitamin D

Kekurangan vitamin D menyebabkan nyeri pada otot, kelelahan dan depresi. Kasus defisiensi vitamin D yang parah dapat menunjukkan tanda-tanda nyeri tulang. Kekurangan vitamin D juga dikatakan sebagai faktor risiko demensia, dalam beberapa kasus bahkan dihubungkan dengan disfungsi ereksi.

(Foto: healthline)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok