Mengatasi Morning Sickness Saat Hamil

October 19, 2019 | Aqiyu

Selama masa kehamilan, ada beberapa ibu hamil yang mengalami mual luar biasa. Mual ini biasanya muncul di awal kehamilan atau trimester pertama. Mual pada ibu hamil disebut juga dengan morning sickness.

Walaupun disebut dengan morning sickness, mual ini terjadi bukan hanya pada pagi hari, tetapi siang dan malam hari serta terjadi kapan pun. Itu mengapa, morning sickness ini sangat menganggu dan menghambat aktivitas sepanjang hari.

Penyebab ibu hamil mengalami morning sickness diduga berkaitan dengan hCG (human chorionic gonadoptrin). hCG adalah hormon yang dihasilkan oleh plasenta selama masa kehamilan. Selain itu, bisa dipicu oleh tingkat sensitivitas indra penciuman ibu hamil.

Namun, jangan khawatir karena morning sickness dapat diatasi dengan cara mudah dari kebiasaan sehari-hari:

1. Makan dalam porsi sedikit namun sering.

2. Menghirup aroma segar saat mual seperti aroma lemon.

3. Banyak minum sepanjang hari karena dehidrasi bias menyebabkan mual.

4. Usahakan Anda memakan camilan seperti roti atau biskuit sebelum bangun dari tempat tidur.

5. Jangan menunda tidur jika mengantuk.

6. Jalan-jalan keluar rumah dan hirup udara segar.

7. Minum teh jahe untuk meredakan mual.

8. Hindari bau-bauan yang memicu mual.

9. Hindari makanan yang berlemak, mengandung tinggi garam, dan pedas.

10. Mengonsumsi suplemen atau makanan dengan kandungan vitamin B6 seperti biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

11. Pilihlah makanan yang tinggi kandungan protein dan karbohidrat serta mudah dicerna, misalnya keju, kraker, susu dan yoghurt, selai kacang, atau apel.

Morning sickness pada umumnya akan membaik dengan sendirinya. Morning sickness akan menghilang saat memasuki usia kandungan 12 minggu. Tetapi keluhan morning sickness ini berbeda-beda, karena ada ibu hamil yang mengalami morning sickness lebih lama yakni sekitar 3-4 bulan. 

(Foto: momooze.com)

YesDok Ads