0 Point
Manfaat Senam Irama bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat Senam Irama bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Senam irama merupakan salah satu jenis olahraga yang fokus pada kekuatan, kecepatan, dan keserasian gerakan tubuh terhadap alunan musik yang mengiringinya. Senam irama tentunya menjadi salah satu cara yang dapat menjaga serta meningkatkan kebugaran jasmani.

Agar semakin merasa termotivasi untuk melakukannya, mengenal manfaat senam irama penting untuk dilakukan. Ya, ada banyak manfaat senam irama yang bisa Anda dapatkan, mulai dari melatih kekuatan otot dan tulang, memperbaiki bentuk tubuh, melatih keseimbangan, menjaga kesehatan jantung, hingga meningkatkan kemampuan interaksi sosial. Adapun ulasan lengkap dari manfaat senam irama adalah sebagai berikut:

1. Melatih Kekuatan Otot dan Tulang

Pada dasarnya, tujuan utama melakukan senam irama adalah untuk melatih kemampuan gerak seseorang. Karena itu, hal pertama yang menjadi manfaat senam irama adalah untuk melatih kekuatan otot dan tulang. Dengan begitu, kemampuan gerak serta fleksibilitas tubuh dapat meningkat.

2. Memperbaiki Bentuk Tubuh

Ya, manfaat senam irama adalah untuk mengencangkan otot sehingga secara tidak langsung dapat memperbaiki bentuk tubuh. Otot tubuh, terutama pada bagian lengan, perut, pinggul, dan paha yang mengencang tentunya dapat membuat bentuk fisik lebih proporsional.

3. Melatih Keseimbangan Tubuh

Selain memengaruhi kekuatan fisik, senam irama juga dapat melatih keseimbangan tubuh. Lantaran setiap gerakan dari senam irama perlu diselaraskan dengan alunan musik yang mengiringinya. Karena itulah, senam irama juga dapat membantu mengoptimalkan kemampuan motorik tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Senam irama yang diiringi oleh musik membuat gerakannya jadi lebih bervariasi, baik dengan tempo cepat maupun lambat. Gerakan yang bervariasi ini akan melatih jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh secara stabil. Oleh karena itu, rutin melakukan senam irama akan membantu menjaga fungsi jantung supaya tetap berjalan optimal.

5. Melatih Kemampuan Otak

Hal lain yang dapat dirasakan dari manfaat senam irama adalah dapat melatih kemampuan otak. Pasalnya, senam irama ini membutuhkan konsentrasi agar setiap gerakan sesuai dengan musik yang mengiringinya. Selain itu, gerakan dari senam irama juga perlu dihafal. Dengan begitu, daya ingat Anda akan lebih terlatih saat melakukan senam irama.

(foto: property portal)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok