0 Point
Minyak kelapa

Manfaat Minyak Kelapa untuk Psoriasis

Psoriasis adalah suatu kondisi atau masalah pada kulit yang membuat kulit penderitanya mengalami penebalan, bersisik, dan mudah terkelupas. Biasanya psoriasis muncul pada area kulit siku, lutut, punggung bagian bawah, dan kulit kepala. Mendapatkan pengobatan medis memang menjadi cara terbaik untuk mengatasi psoriasis, namun, menambahkan pengobatan alami juga tidak ada salahnya, asal Anda sudah mengonsultasikannya pada dokter.

Salah satu pengobatan alami untuk psoriasis adalah minyak kelapa. Minyak kelapa adalah minyak yang berasal dari bagian daging buah kelapa yang berwarna putih. Minyak kelapa banyak digunakan untuk perawatan kulit dan rambut, tak heran jika kandungan minyak kelapa banyak ditemukan di berbagai produk kecantikan.

Ada banyak manfaat dari minyak kelapa, misalnya melembapkan kulit, mengatasi peradangan, dan juga membunuh bakteri. Sebuah penelitian mengatakan bahwa virgin coconut oil dapat membantu mengatasi gejala eksim (dermatitis atopik), yakni sebuah kondisi kulit yang sangat mirip dengan psoriasis.

Eksim dan psoriasis memiliki banyak gejala yang serupa dan bahkan memiliki beberapa penyebab yang sama. Namun, kulit kering pada kasus psoriasis cenderung lebih tebal jika dibandingkan dengan kulit kering pada eksim. Kedua kondisi ini membutuhkan perawatan yang dapat mengatasi kulit kering, berkerak, dan gatal, di mana minyak kelapa dapat membantu hal-hal ini.

Untuk pengobatan psoriasis, yang paling penting adalah menyingkirkan bagian kulit kering yang telah mengeras, baru selanjutnya mengatasi kulit di bagian bawahnya. Minyak kelapa dapat digunakan untuk melembutkan dan mengatasi kulit kering.

Sementara itu, mengobati psoriasis pada kulit kepala termasuk hal yang cukup sulit, karena rambut sering kali membuat kulit kering susah disingkirkan. Kulit kering ini dapat bertambah besar dan keras seiring berjalannya waktu. Berikut merupakan beberapa cara menggunakan minyak kelapa untuk menyingkirkan sisik atau kulit kering dari kulit kepala:

  • Oleskan minyak kelapa secara merata pada kulit kepala, khususnya pada bagian-bagian kulit yang bersisik.
  • Pijat kulit kepala Anda secara lembut.
  • Bungkus rambut dan kulit kepala menggunakan handuk atau shower cap.
  • Diamkan selama 30 hingga 60 menit.
  • Cuci rambut dengan sampo hingga bersih.

Setelah menggunakan minyak kelapa, akan lebih mudah bagi Anda untuk menyingkirkan bagian kulit yang bersisik. Lakukan saat kulit kepala masih dalam kondisi basah atau lembap dan kulit kering masih dalam kondisi yang lembek sehingga mudah disingkirkan.

(Foto: tastingtable.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok