0 Point
madu

Manfaat Mengejutkan Madu untuk Kesehatan Tubuh Anda

Madu menjadi salah satu pilihan pemanis alami yang mudah didapat, dan relatif terjangkau. Berikut ini sekilas penelitian tentang beragam manfaat madu untuk melindungi kesehatan.

Madu dapat membantu mengobati infeksi saluran pernapasan

Dalam sebuah makalah baru di jurnal BMJ Evidence-Based Medicine, para peneliti Universitas Oxford mengamati 14 studi yang diterbitkan sebelumnya terkait dengan efektivitas madu untuk meredakan gejala infeksi saluran pernapasan.

Mereka menemukan bahwa dibandingkan dengan perawatan biasa (seperti obat dan antibiotik). Madu dapat berfungsi sebagai alternatif murah untuk antibiotik.

Penulis studi menyimpulkan bahwa uji coba terkontrol lebih lanjut diperlukan. Tetapi analisis tersebut dipicu oleh kekhawatiran atas resistensi antimikroba, yang sebagian terkait dengan pemberian antibiotik yang berlebihan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit telah menyebut resistensi antibiotik sebagai salah satu masalah kesehatan masyarakat yang paling mendesak di dunia, dan studi tahun 2017 lainnya menemukan bahwa madu mungkin bisa menjadi solusinya.

Madu dapat membantu melawan sindrom metabolik

Sebuah makalah tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients mengulas efek perlindungan madu untuk sindrom metabolik (MetS), sekelompok faktor risiko spesifik yang ditemukan pada sepertiga orang dewasa di Amerika Serikat.

Dalam makalah tersebut, para peneliti menguraikan alasan mengapa madu dapat membantu memperbaiki kondisi ini. Pertama, madu memiliki indeks glikemik rendah, sehingga tidak memicu lonjakan gula darah dan kadar insulin, serta membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Madu juga telah terbukti mencegah penambahan berat badan yang berlebihan dan meningkatkan metabolisme lipid dengan mengurangi trigliserida serta kolesterol total dan kolesterol LDL "jahat", sekaligus meningkatkan HDL "baik".

Sifat antioksidan madu juga membantu mengurangi stres oksidatif. Singkatnya, stres oksidatif adalah ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas yang merusak sel dan kemampuan tubuh untuk melawan efek berbahaya.

Madu dapat membantu mencegah pengerasan arteri

Makalah terbaru lainnya tentang manfaat madu mengeksplorasi kemampuannya untuk memerangi pengerasan arteri, penyebab utama kematian di seluruh dunia. Diterbitkan pada 2019, juga di jurnal Nutrients, penulis menunjukkan bahwa madu mengandung lebih dari 180 zat — termasuk gula alami serta sejumlah besar vitamin, mineral, dan fitokimia.

Para peneliti menyimpulkan bahwa senyawa antioksidan dan anti-inflamasi dalam madu, selain kemampuannya untuk melawan stres oksidatif, adalah faktor kunci yang bertanggung jawab atas manfaat perlindungannya.

Penelitian yang lebih lama menunjukkan bahwa mengonsumsi madu dengan antioksidan tinggi memang meningkatkan kadar antioksidan dalam darah, dan mengganti gula olahan dengan madu dapat membantu meningkatkan pertahanan antioksidan pada orang dewasa yang sehat.

Madu dapat membantu mendukung usus yang sehat

Ulasan yang diterbitkan dalam jurnal Integrative Medicine Insights, menyatakan bahwa madu memiliki sifat prebiotik. Prebiotik membantu memfermentasi bakteri menguntungkan di usus, termasuk bifidobacteria dan lactobacilli.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok