0 Point
Klorofil

Manfaat Klorofil Bagi Kesehatan

Klorofil berperan penting dalam membuat tanaman menjadi hijau dan sehat. Komponen ini juga memiliki vitamin, antioksidan, dan sifat terapeutik yang berpotensi bermanfaat bagi tubuh Anda.

Anda dapat mengonsumsi klorofil dalam bentuk suplemen. Suplemen klorofil sebenarnya adalah klorofilin yang mengandung tembaga, bukan magnesium. Ketika dosis klorofilin diambil, tembaga dapat dideteksi dalam plasma, yang berarti telah terjadi penyerapan. Berikut beberapa klaim manfaat suplemen klorofil bagi kesehatan:

• merangsang sistem kekebalan
• menghilangkan jamur di tubuh
• mendetoksifikasi darah Anda
• membersihkan usus Anda
• menghilangkan bau tak sedap
• memberi energi pada tubuh
• mencegah kanker

Namun, diperlukan penelitian yang lebih besar dan lebih teliti untuk mengevaluasi potensi manfaat klorofil bagi kesehatan. Para peneliti terus mengeksplorasi bagaimana klorofil dapat bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran. Adapun beberapa diantaranya adalah.

Penyembuhan kulit

Klorofilin telah menunjukkan kemungkinan efek untuk mengurangi peradangan dan pertumbuhan bakteri pada luka kulit.

Review penelitian perawatan luka tahun 2008 melibatkan beberapa studi tentang salep yang mengandung klorofilin. Sebuah studi percontohan 2015 dari 10 orang dengan jerawat dan pori-pori besar mengalami perbaikan kulit ketika gel klorofilin topikal digunakan selama 3 minggu.

Pemulihan darah

Beberapa orang berpendapat bahwa klorofil cair dapat membangun kembali darah Anda dengan meningkatkan kualitas sel darah merah.

Sebuah studi tahun 2004 menunjukkan bahwa rumput gandum, yang mengandung sekitar 70 persen klorofil, mengurangi jumlah transfusi darah yang dibutuhkan pada orang dengan talasemia, kelainan darah.

Detoksifikasi dan kanker

Satu penelitian menemukan bahwa klorofil mengurangi kejadian tumor hati sebesar 29 hingga 63 persen dan tumor perut sebesar 24 hingga 45 persen. Sebuah studi 2018 menilai efek klorofil pada pertumbuhan sel kanker pankreas. Sebuah penelitian kecil juga menemukan bahwa klorofil dapat membatasi aflatoksin yang tertelan, senyawa yang diketahui menyebabkan kanker.

Penurunan berat badan

Salah satu klaim paling populer yang terkait dengan klorofil cair adalah dukungan penurunan berat badan. Namun, penelitian tentang topik ini saat ini sangat terbatas.

Sebuah studi tahun 2014 yang melibatkan 38 partisipan wanita menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi suplemen membran tumbuhan hijau termasuk klorofil sekali sehari mengalami penurunan berat badan yang lebih besar daripada kelompok yang tidak mengonsumsi suplemen tersebut.

Deodoran alami

Klorofilin telah digunakan sejak 1940-an untuk menetralkan aroma bau tertentu, sayangnya penelitian tersebut beberapa dianggap sudah ketinggalan zaman dan menunjukkan hasil beragam.

Studi terbaru orang dengan trimethylaminuria, suatu kondisi yang menyebabkan bau amis, menemukan bahwa klorofilin secara signifikan menurunkan jumlah trimetilamina. Adapun klaim tentang klorofilin mengurangi bau mulut, hanya ada sedikit bukti yang mendukungnya.

(Foto : pixabay)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok