0 Point

Manfaat Kesehatan dari Wasabi

Jika Anda pernah ke restoran Jepang dan penggemar berat sushi, Anda mungkin tidak asing lagi melihat bumbu pedas hijau yang diletakkan di piring sushi Anda. Pasta hijau tersebut adalah wasabi, bumbu pokok untuk sushi dan mie dalam masakan Jepang. Wasabi juga memiliki rasa yang khas.

Apa itu Wasabi? Wasabi terbuat dari lobak Jepang yang merupakan sayuran silangan dari Brassicaceae. Wasabi memiliki Warna yang hijau terang dan mengandung isothiocyanate (ITCs), senyawa yang berperan atas rasanya yang tajam dan menyengat. Senyawa ini juga yang membuat wasabi mempunyai beberapa manfaat kesehatan.

Sepeeti dilansir laman Boldsky, berikut adalah manfaat kesehatan dari Wasabi.

1. Membantu penurunan berat badan

Wasabi mengandung senyawa yang menghambat pertumbuhan dan pembentukan sel-sel lemak. Sebuah penelitian menunjukkan senyawa yang terkadnudng tersebut disebut 5-Hydroxyferulic acid methyl ester (5-HFA ester) yang ada di daun wasabi dapat menekan pertumbuhan dan pembentukan sel-sel lemak.

2. Mencegah kanker

Senyawa isotiosianat (ITC) dalam wasabi banyak dikaitkan dengan sifat anti kanker, sebuah Studi menunjukkan bahwa ITC dan senyawa serupa lainnya yang ada dalam wasabi dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, mulut, usus besar, dan pancreas.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Wasabi juga memiliki sifat antihypercholesterolemic yang membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi, sehingga mengurangi risiko jantung dan stroke. Lagi-lagi senyawa, Isotiosianat dalam wasabi berperan dalam menghentikan agregasi trombosit dan mencegah pembentukan gumpalan darah, yang merupakan penyebab utama stroke.

4. Meredakan peradangan

Sebuah Penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan isotiosianat dalam wasabi dapat menghambat sel dan enzim yang meningkatkan peradangan.

5. Mencegah penyakit bawaan makanan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers of Microbiology, sifat-sifat antibakteri yang terkandung dalam wasabi sangat membantu dalam memerangi bakteri Staphylococcus aureus dan E. coli yaitu dua bakteri paling umum yang bertanggung jawab atas keracunan makanan.

6. Mencegah penyakit Parkinson

Kandungan Isotiosianat dalam wasabi disebut memiliki efek neuroprotektif pada otak dan dapat meningkatkan aktivasi sistem antioksidan yang menurunkan peradangan di otak. Sebuah penelitian lainnya menunjukkan bahwa senyawa ini juga dapat membantu mencegah atau memperlambat timbulnya penyakit Parkinson.

Sementara itu, meskipun wasabi aman dikonsumsi, ada beberapa hal yang harus diwaspadai karena orang dengan kelainan pendarahan atau mereka yang baru saja menjalani operasi harus menghindari konsumsi wasabi karena dapat meningkatkan risiko pendarahan dan memar.

(Foto : independent.co.uk)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok