0 Point
Sabun Batang Sabun Cair

Mana yang Lebih Baik, Sabun Batang atau Sabun Cair

Sabun sangat diperlukan untuk membersihkan seluruh area tubuh kita dari berbagai kotoran dan bakteri yang menempel di kulit. Ada dua jenis sabun yang biasa digunakan, yakni sabun batang dan sabun cair. Di antara keduanya, mana yang paling baik membersihkan kulit?

Baik sabun batang dan sabun cair, sama-sama memiliki fungsi untuk membersihkan kulit dari berbagai kotoran, sel kulit mati, minyak berlebih, hingga bakteri. Jika ada pertanyaan, lebih baik mana, antara sabun batang dan sabun cair? Maka jawabannya sebenarnya, hanya tergantung pada kenyamanan Anda saja.

Sabun cair bisa membuat kulit terasa lebih segar dan memberikan wangi yang lebih kuat, jika dibandingkan dengan sabun batang. Sayangnya, penggunaan sabun cair kerap dianggap lebih boros daripada penggunaan sabun batang.

Sementara itu, banyak anggapan yang mengatakan bahwa sabun batang menyimpan lebih banyak bakteri, sehingga bisa menyebabkan penyakit.

Namun Anda tak perlu khawatir, karena anggapan-anggapan ini dapat terpatahkan lewat bukti ilmiah. Studi mengenai hal ini sudah dipublikasikan bahkan sejak 1965, di mana para peneliti melakukan serangkaian percobaan, yakni mereka sengaja memaparkan tangan mereka kepada bakteri penyebab penyakit, seperti E. coli dan Staphylococcus.

Dua orang peneliti kemudian harus mencuci tangan mereka dengan sabun batang yang sama secara bergantian. Dan mereka menemukan kalau ternyata tidak ada bakteri yang berpindah pada tangan pengguna sabun batang yang kedua. Temuan ini kemudian menyimpulkan, bahwa tingkat bakteri pada sabun batang, meski dipakai dalam kondisi yang ekstrem sekalipun, tidak akan berbahaya bagi kesehatan.

Penggunaan, baik sabun batang maupun sabun cair, sangat direkomendasikan untuk mencegah dan melawan infeksi. Keduanya sama-sama memiliki fungsi yang baik untuk tubuh.

Satu yang harus diingat, Anda boleh menggunakan baik sabun batang atau sabun cair, yang terpenting, Anda harus senantiasa membersihkan tubuh, terutama tangan, dengan sabun dan air mengalir. Ini bisa mencegah Anda terpapar dari bakteri atau virus penyebab penyakit.

Selain tangan, ada area tubuh lain yang juga harus diperhatikan kebersihannya, seperti, belakang telinga, leher, lipatan lengan, ketiak, selangkangan, punggung, dan kaki.

Mandilah minimal dua kali dalam sehari untuk mencegah kuman berkembang biak di tubuh Anda. Jadi, tak peduli pakai sabun batang atau sabun cair, jangan lupa mandi ya hari ini!

(Foto: info.drbronner.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok