0 Point
Bermain sepatu roda

Mampukah Sepatu Roda Memberi Manfaat Kardio?

Di masa pandemi seperti ini semua orang merasa kembali butuh aktif gerak olahraga. Beragam olahraga kembali populer seperti bersepeda hingga yang sepatu roda. Lantas apakah bersepatu roda memberi manfaat nyata berlatih kardio?

“Sepatu roda menawarkan manfaat yang sama dalam hal mengurangi benturan dan memberi opsi pelatihan silang jika Anda penyuka olahraga kardio seperti berlari,” kata pelatih lari bersertifikat dari AS, Mike Thomson.

Meskipun memiliki risiko sendiri seperti jatuh, sepatu roda cenderung memiliki risiko yang kecil yang biasa terjadi pada pelari atau pesepeda seperti shin splints dan patah tulang pinggul. Thomson menjelaskan, seperti pelatihan silang lainnya seperti berenang misalnya. Kondisi ini akan membantu yang pada gilirannya Anda menghadapi latihan sesungguhnya saat berlari atau bersepeda.

“Sepatu roda sangat bermanfaat bagi mereka yang tidak dapat menempuh jarak jauh atau waktu yang lama dengan kaki mereka,” Thomson lebih jauh menjelaskan. Hal ini bisa menjadi bentuk pelatihan silang yang bagus dan membantu mencegah cedera dengan mengurangi dampak pada persendian.

Artinya, sepatu roda tetap merupakan aktivitas yang bagus bagi mereka yang rentan terhadap fraktur stres, nyeri sendi seperti artritis, atau mereka yang mungkin mengalami degenerasi pada tulang belakang karena beban tekan. Sepatu roda juga bekerja dengan pinggul, paha belakang, paha depan, dan penstabil pergelangan kaki seperti yang Anda rasakan saat mendarat dan bergerak lepas saat berlari.

Apakah Bersepatu Roda Sama Bagusnya dengan Lari?

Jika tujuan Anda spesifik dan berharap banyak pada manfaat kardio dengan sepatu roda, maka jawabannya tidak. Namun sepatu roda tetap dapat meningkatkan kebugaran kardio Anda.

Jika Anda rentan terhadap cedera, ini bisa menjadi metode pelatihan silang yang bagus untuk mengurangi benturan pada tulang kering, lutut, dan pinggul. Gerakan-gerakan pada sepatu roda juga dapat membantu membangun dasar aerobik Anda.

Namun, semakin serius Anda berlari atau bersepeda, keterampilan itu yang perlu Anda asah untuk menyempurnakan hal-hal penguasaan tingkat tinggi. Pelatihan silang hanya sebagai selingan untuk tetap dapat meningkatkan koordinasi dan keterampilan gerakan Anda.

Sepatu roda sama-sama menantang tubuh bagian bawah Anda tanpa tekanan sendi yang berlebihan seperti yang didapat pada dampak lari. “Sepatu roda paling cocok sebagai aktivitas pelatihan silang untuk ditambahkan pada hari-hari pemulihan Anda atau jika Anda mencari metode pemulihan baru yang menyenangkan,” Thomson menambahkan.

  (Foto: pixabay)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok