0 Point
Telur

Makanan Kaya Nutrisi ini untuk Tingkatkan Sel Darah Merah

Apakah Anda sering merasa sangat lelah, bahkan ketika cukup tidur malam hari?Jika Anda sering mengalami kondisi ini, maka itu bisa menjadi tanda kondisi medis serius yang disebut anemia, yang secara umum berarti kurang sel darah merah.

Sel darah merah bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, dan ketika jumlahnya sedikit, tubuh Anda harus bekerja lebih keras. Hal ini dapat membuat Anda berisiko mengalami komplikasi seperti depresi, persalinan prematur, risiko tinggi infeksi lainnya.

Kekurangan sel darah merah dapat diatasi melalui makanan hingga obat-obatan, tapi alangkah lebih baik jika didapat melalui nutrisi makanan. Berikut nutrisi makanan yang dapat menyerap sel darah merah.

1. Makanan Kaya Zat Besi

Kekurangan zat besi merupakan penyebab umum anemia dan untuk mengatasinya termasuk lebih banyak makanan kaya zat besi. Nutrisi ini membantu meningkatkan produksi hemoglobin, protein yang ditemukan pada sel darah merah yang pada gilirannya meningkatkan jumlah sel darah merah. Daging merah, telur, kacang-kacangan dan buah-buahan kering adalah beberapa sumber zat besi yang umum dan mudah ditemui.

2. Folat

Folat adalah salah satu jenis vitamin B yang dibutuhkan untuk baik sel darah merah dan putih di sumsum tulang. Suplemen folat dikenal sebagai asam folat. Tubuh kita menggunakan folat untuk menghasilkan heme, komponen penting dari hemoglobin. Kekurangan nutrisi ini dapat mencegah pematangan sel darah merah. Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kacang polong dan lentil adalah beberapa sumber folat yang sangat baik.

3. Vitamin B12

Vitamin B12 memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan perkembangan sel darah merah yang tidak normal dan menghambat pertumbuhannya yang disebut sebagai anemia megaloblastik. Nutrisi biasanya terbentuk dalam produk susu dan sumber makanan hewani seperti daging merah, ikan, dan kerang.

4. Tembaga

Tembaga tidak secara langsung membantu produksi sel darah merah, tetapi membantu sel darah merah untuk mengakses besi yang diperlukan untuk mereplikasi dirinya sendiri. Kurangnya asupan tembaga dapat mempersulit seluruh proses pada tubuh. Makan makanan kaya tembaga seperti kerang dan ikan dapat membuat produksi sel darah merah menjadi lancar.

5. Vitamin C

Sama seperti tembaga, vitamin c juga tidak secara langsung memengaruhi produksi sel darah merah, tetapi meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Memiliki makanan kaya vitamin C sangat penting ketika Anda mengonsumsi makanan nabati untuk memenuhi tingkat asupan zat besi Anda.

(Foto : pixabay)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok