0 Point
fruit

Makan Dua Porsi Buah Per Hari Turunkan Risiko Terkena Diabetes Tipe 2

Makan setidaknya dua porsi buah setiap hari telah dikaitkan dengan risiko terkena diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

Para peneliti di Edith Cowan University (ECU) di Australia Barat mengatakan mereka menemukan bahwa peserta penelitian yang makan dua porsi buah setiap hari memiliki peluang 36 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

"Kami menemukan hubungan antara asupan buah dan penanda sensitivitas insulin, menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak buah harus memproduksi lebih sedikit insulin untuk menurunkan kadar glukosa darah mereka," ujar Nicola Bondonno, PhD, penulis utama studi dan peneliti di ECU's Institute untuk Nutrition Research.

“Hal ini penting karena tingginya kadar insulin yang beredar (hiperinsulinemia) dapat merusak pembuluh darah dan tidak hanya terkait dengan diabetes, tetapi juga tekanan darah tinggi, obesitas, dan penyakit jantung,” tambahnya.

Dalam melakukan penelitian, Bondonno dan rekan menganalisis data dari 7.675 warga Australia yang berpartisipasi dalam Studi AusDiab dari Baker Heart and Diabetes Institute untuk menilai asupan buah dan jus buah dan tingkat diabetes setelah 5 tahun.

Para peneliti melaporkan bahwa peserta yang memiliki asupan buah yang tinggi memiliki ukuran yang lebih baik untuk toleransi glukosa dan sensitivitas insulin.

Dibandingkan dengan peserta yang memiliki asupan buah rendah, mereka yang memiliki asupan buah sedang memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes setelah 5 tahun.

Lauri Wright, PhD, RDN, LD/N, asisten profesor kesehatan masyarakat di University of North Florida, mengatakan hasil ini tidak mengejutkan.

“Temuan ini memperkuat kekuatan nutrisi dan makanan dalam mencegah dan mengelola perkembangan penyakit kronis seperti diabetes. Hasilnya sangat penting karena banyak orang yang salah percaya bahwa buah tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes,” katanya.

“Buah-buahan adalah pilihan tepat untuk menurunkan risiko diabetes karena kandungan serat dan gula alaminya. Buah-buahan kering dan jus adalah sumber gula yang lebih terkonsentrasi, jadi membatasi ukuran porsi itu penting, ”tambahnya.

Para peneliti di ECU tidak menemukan manfaat yang sama untuk mencegah diabetes dengan asupan jus buah.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok