0 Point
bau badan

Makan Daging Merah Berlebihan Bikin Bau Badan!

Bau badan tentu sangat menggangu, bahkan efeknya bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Banyak faktor yang menyebabkan timbulnya bau badan. Salah satunya adalah makan daging merah secara berlebihan.

Daging merah merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein dan lemak. Kedua kandungan tersebut akan menyisakan zat residu yang keluar melalui keringat saat proses metabolisme. Menurut sebuah penelitian jika zat residu yang keluar melalui keringat tercampur dengan bakteri pada kulit, maka dapat menimbulkan bau badan.

Para peneliti juga mengaitkan dengan lama waktu proses pencernaan daging. Daging merah akan memakan durasi lebih lama untuk dicerna dalam tubuh dibandingkan dengan makanan lainnya. Hal ini dapat memberi waktu lebih lama untuk bakteri memicu pembusukan sehingga muncul bau badan.

Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan Chemical Senses tahun 2006, menemukan fakta bahwa sampel keringat wanita vegetarian lebih segar dibandingkan wanita yang mengonsumsi daging merah. Asam lemak pada daging merah pun diyakini sangat memengaruhi bakteri pada kulit.

Bagi Anda yang penyuka daging merah jangan kecewa terlebih dahulu. Sebab, tidak serta merta Anda mengonsumsi daging merah lalu bau tidak sedap akan muncul dari badan Anda. Seseorang menjadi rentan mengalami bau badan jika mengonsumsi daging merah dalam jumlah yang banyak.

Untuk itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi daging merah dalam porsi yang normal yakni cukup 100 gram per hari saja. Solusi lainnya untuk menghindari bau badan akibat mengonsumsi daging merah berlebihan, Anda bisa menggantinya dengan daging putih seperti daging ayam atau kalkun.

Selain rentan mengalami bau badan, dampak lain dari terlalu banyak mengonsumsi daging merah adalah dapat membuat badan terasa lelah dan mengantuk setelah makan. Konsekuensi lainnya yang tidak kalah merugikan adalah membuat kembung, memicu sembelit hingga diare akibat pencernaan yang buruk. Daging memang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh namun tidak menyediakan serat dalam jumlah yang baik.

(Foto: advanced dermatology of the midlands)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok