0 Point
Oatmeal

Makan 3 Porsi Gandum Sehari Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Makan biji-bijian dikaitkan dengan peningkatan ukuran pinggang, tekanan darah, dan gula darah yang lebih kecil. Hal ini dikuatkan oleh penelitian baru yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition. Ini berlaku untuk orang dewasa yang makan minimal tiga porsi biji bijian sehari.

Tujuan para peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah untuk menentukan bagaimana gandum utuh versus konsumsi gandum olahan akan mempengaruhi berbagai faktor risiko penyakit jantung, termasuk ukuran pinggang, tekanan darah, gula darah, trigliserida, dan kolesterol HDL.

Ada 3.121 orang yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Dengan usia rata-rata di pertengahan 50-an. Para peneliti melihat hasil kesehatan peserta selama rata-rata 18 tahun untuk menentukan apa efek yang dimiliki biji-bijian utuh dan biji-bijian olahan.

Mereka membandingkan perubahan yang terjadi pada interval empat tahun. Tim menemukan bahwa ukuran pinggang meningkat lebih sedikit di antara mereka yang mengonsumsi lebih banyak biji-bijian.

Selain itu, peningkatan gula darah dan tekanan darah sistolik lebih besar pada mereka yang makan lebih sedikit biji-bijian utuh. Asupan biji-bijian olahan yang lebih rendah juga dikaitkan dengan penurunan rata-rata kadar trigliserida yang lebih besar.

Menurut ketua Department of Public & Allied Health dan associate professor, Food & Nutrition di Ohio, Mary-Jon Ludy, biji-bijian lebih baik karena mengandung banyak manfaat.

Ludy mengatakan, komponen yang hilang ini berperan penting dalam kesehatan. "Serat biji-bijian membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, dapat menurunkan kolesterol, dan meningkatkan kesehatan pencernaan," ucapnya.

Kombinasi serat dengan vitamin B (thiamin, riboflavin, niacin), vitamin E, mineral (besi, magnesium, selenium, seng) memberikan sejumlah manfaat pencegahan penyakit, termasuk menurunkan tingkat peradangan dan mengurangi tingkat penyakit jantung, hipertensi, stroke, diabetes tipe 2, kanker usus besar, dan obesitas.

Meski direkomendasikan setidaknya tiga porsi biji-bijian sehari, akan tetapi biji-bijian olahan harus dibatasi. Satu porsi biji-bijian atau gandum olahan biasanya setara dengan sepotong kecil roti atau setengah cangkir produk biji-bijian yang dimasak seperti pasta, oat, quinoa, atau nasi.

Beberapa istilah yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi biji-bijian meliputi:

  • gandum utuh
  • biji-bijian
  • beras merah
  • oatmeal

(Foto : pixabay)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok