0 Point
Makanan mengandung nutrisi baik

Konsumsi Makanan bisa Membantu Mengatasi Depresi

Selama ini kita hanya memperhatikan kesehatan fisik daripada kesehatan mental, kita terlalu sering bicara soal gizi dan itu sebabnya kesehatan mental paling sering diabaikan. 

Padahal, Kesehatan fisik dan kesehatan mental itu berhubungan erat dan mulai sekarang kita harus memastikan bahwa makanan yang kita makan juga memiliki pengaruh bagi kesehatan mental kita.

Gangguan kesehatan mental biasa juga disebut Depresi dimana kondisi tersebut adalah adanya gangguan mental yang serius dan kebanyakan orang tidak menyadari bahwa ada kaitannya makanan yang bernutrisi dan depresi, karena nutrisi dapat berfungsi untuk mengurangi keparahan dan durasi depresi.

Seperti dilansir laman Boldsky, berikut adalah makanan yang bisa membantu mengatasi depresi.

1. Ikan 

Ikan seperti mackerel, salmon, tuna, dan sarden adalah sumber kandungan asam lemak omega 3 yang sangat baik dan berperan penting untuk kesehatan otak. Sebuah penelitian dalam Journal of Epidemiology and Community Health menemukan bahwa makan ikan dapat mengurangi risiko depresi.

2. Buah-buahan 

Buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral seperti folat, vitamin B, vitamin D diyakini dapat membantu menurunkan risiko depresi dan dapat meningkatkan mood Anda. Anda bisa makan buah-buahan seperti apel, pisang, beri, dan buah jeruk secara teratur.

3. Sayuran 

Selain buah, sayuran juga buah sangat penting untuk mengurangi risiko depresi, anda bisa konsumsi beragam sayuran seperti kubis dan bayam karena kaya kandungan folat, zat besi, vitamin B dan nutrisi penting lainnya.

4. Kacang-kacangan 

Kacang bisa anda konsumsi sebagai camilan atau masuk dalam makanan harian anda, konsumsi Kacang-kacangan seperti kacang mete, hazelnut, dan walnut diyakini bermanfaat bagi tubuh karena mengandung asam lemak omega 3 dan antioksidan polifenol yang mendukung kesehatan otak secara keseluruhan.

5. Coklat hitam 

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi cokelat hitam memiliki efek positif untuk suasana hati Anda dan meringankan gejala depresi Karena adanya bahan psikoaktif dan phenylethylamine yang dapat menimbulkan perasaan euforia dan mengatur suasana hati.

6. Alpukat 

Buah ini kaya akan asam lemak omega 3 dan vitamin B yang dapat mengurangi peradangan di otak dan mengatur neurotransmiter otak.

7. Telur 

Telur mengandung vitamin D dan vitamin B yang dapat membantu mengatasi depresi. Beberapa penelitian pun telah menunjukkan jika kita kekurangan vitamin D akan mudah depresi.

(Foto : health.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok