0 Point
Minum Air

Keracunan Air atau Terlalu Banyak Minum Air, Bisakah Itu Terjadi?

Setiap sel dalam tubuh kita membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik. Namun, minum terlalu banyak air dapat menyebabkan keracunan air dan konsekuensi kesehatan yang serius. 

Seseorang, bisa saja menjadi terlalu banyak minum air akibat melakukan olahraga atau latihan fisik yang intensif.

Keracunan air adalah gangguan fungsi otak yang disebabkan oleh minum terlalu banyak air. Meminum terlalu banyak air dapat meningkatkan jumlah air dalam darah. Ini dapat mengencerkan elektrolit, terutama natrium dalam darah. Jika kadar natrium turun di bawah 135 milimol per liter (mmol/l), maka Anda mengalami kondisi yang disebut hiponatermia.

Natrium bertugas menjaga keseimbangan cairan di dalam dan di luar sel. Ketika kadar natrium turun karena konsumsi air yang berlebihan, cairan mengalir dari luar ke dalam sel, yang menyebabkannya membengkak. Ketikaa ini terjadi pada sel-sel otak, ini bisa berbahaya dan bahkan mengancam nyawa.

Ketika seseorang mengonsumsi air dalam jumlah berlebihan, sel-sel otak akan mulai membengkak, tekanan di dalam tengkorak pun meningkat. Ini menyebabkan gejala keracunan air, yang meliputi:

  • Sakit kepala
  • Mual
  • Muntah

Kasus keracunan air yang parah dapat menyebabkan gejala yang lebih serius, seperti:

  • Kantuk
  • Kelemahan otot atau kram
  • Peningkatan tekanan darah
  • Linglung
  • Ketidakmampuan untuk mengidentifikasi informasi sensorik
  • Sulit bernapas

Penumpukan cairan di otak disebut edema serebral. Hal ini dapat memengaruhi batang otak dan menyebabkan disfungsi sistem saraf pusat. Dalam kasus yang parah, keracunan air dapat menyebabkan kejang, kerusakan otak, koma, dan bahkan kematian.

Namun begitu, sulit bagi seseorang untuk terlalu banyak minum air secara tidak sengaja, meskipun hal ini bisa saja terjadi. Laporan kematian akibat asupan air yang berlebihan pun juga banyak ditemukan.

Namun yang patut diingat, orang-orang yang berisiko mengalami kematian akibat keracunan air biasanya merupakan orang-orang yang kerap berpartisipasi dalam acara olahraga atau latihan endurance, atau bisa juga pada orang-orang yang mengikuti pelatihan militer. Seseorang yang tidak melakukan salah satu atau keduanya, sangat kecil atau bahkan tidak ada kemungkinannya untuk meninggal karena minum air terlalu banyak. Jadi, jangan takut minum air dan sesuaikan dengan kebutuhan hidrasi Anda.

(Foto: eatthis.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok