0 Point

Kenapa Manusia Semakin Gemuk Seiring Bertambahnya Usia?

Siapa yang tidak menginginkan tubuh yang ideal. Semua orang tentu berlomba-lomba demi mendapatkan tubuh yang indah, bahkan rela menyempatkan waktu untuk diet dan berolahraga.

 
Sayangnya, banyak fakta yang menyimpulkan jika manusia dapat menjadi gemuk seiring bertambahnya usia. Hal tersebut didapat meskipun seseorang tidak melakukan makan berlebih dan rutin berolahraga. Apakah gejala ini lazim atau hanya mitos?

 
Seperti dilansir Times of India, kini studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal Nature Medicine telah menemukan jawaban yang mungkin dapat menjawab rasa penasaran Anda. Menurut penelitian  tersebut, pergantian lipid dalam jaringan lemak (tingkat di mana lipid atau lemak dalam sel lemak dihapus) berkurang selama penuaan dan dengan demikian membuatnya seseorang lebih mudah bertambah berat badan.

 
Para ilmuwan mempelajari sel-sel lemak pada partisipan diantaranya 54 wanita dan pria selama 13 tahun. Dalam periode tersebut, terlihat bobot badan mereka bertambah yang meunjukkan penurunan pergantian lipid dalam jaringan lemak.

 
Orang-orang yang tidak mengganti lipid tersebut dengan makan lebih sedikit kalori memperoleh rata-rata 20 persen penambahan berat badan. Studi ini dilakukan bekerja sama dengan para peneliti di Universitas Uppsala di Swedia dan Universitas Lyon di Prancis

 
Para peneliti juga memeriksa pergantian lipid pada 41 wanita yang menjalani operasi bariatrik untuk melihat bagaimana tingkat mempengaruhi kemampuan mereka untuk menjaga berat badan setelah operasi. Namun hanya wanita yang memiliki tingkat perubahan lipid rendah sebelum operasi yang mempertahankan penurunan berat badan mereka.

 
Dari proses itu terlihat bahwa proses jaringan lemak kita mengatur perubahan berat badan selama penuaan, dengan cara yang tidak tergantung pada faktor-faktor lain. Dari penelitian tersebut ditarik kesimpulan bahwa satu-satunya cara untuk mempercepat pergantian lemak di jaringan lemak adalah dengan berolahraga lebih banyak.

 
“Ini menunjukkan bahwa hasil jangka panjang dari operasi penurunan berat badan akan terasa hasilnya jika dikombinasikan dengan peningkatan aktivitas fisik,” peneliti menambahkan.


(Foto: discovermagazine)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok