0 Point
Diabetes Gestasional

Kenali Gejala Diabetes Gestasional pada Wanita Hamil

Diabetes gestasional merupakan salah satu jenis diabetes yang muncul pada saat kehamilan dan kondisi ini umumnya terjadi pada ibu hamil di trimester kedua. 

Diabetes gestasional mungkin bisa menjadi kondisi yang sulit untuk dicegah namun wanita hamil dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), diabetes gestasional berkembang pada sekitar 2-10% kehamilan di Amerika Serikat setiap tahunnya. 

Jika Anda memiliki jenis diabetes saat Anda hamil, hal ini tidak berarti bahwa Anda menderita diabetes sebelum kehamilan atau menderita setelah melahirkan. Tetapi diabetes ini memang meningkatkan risiko Anda terkena diabetes tipe 2 di masa mendatang.

Pengendalian gejala yang buruk dan tidak teratur bisa menyebabkan risiko anak Anda terkena diabetes dan mampu meningkatkan komplikasi bagi Anda dan si kecil selama kehamilan.

Gejala

Diabetes gestasional termasuk kondisi yang jarang menimbulkan gejala tertentu. Jika Anda memiliki gejala, kemungkinan gejala yang Anda alami akan ringan dan gejalanya bisa termasuk

  • Penglihatan kabur
  • Rasa haus yang berlebihan
  • Kelelahan 
  • Frekuensi buang air kecil yang tinggi
  • Mual 

Asupan yang perlu dikonsumsi bagi penderita diabetes gestasional

Diet sehat dan seimbang merupakan kunci untuk mengelola diabetes gestasional dengan baik. Seorang wanita perlu memberikan perhatian khusus pada asupan karbohidrat, protein dan lemak.

Pilihan karbohidrat yang sehat bisa mencakup

  • Beras merah
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian utuh
  • Sayuran tepung

Wanita hamil perlu mengonsumsi sekitar dua hingga tiga porsi protein setiap hari. Sumber protein yang baik termasuk daging tanpa lemak, ikan dan tahu serta makanan protein tinggi lainnya.

Anda juga bisa memasukkan asupan lemak sehat ke dalam diet Anda termasuk biji-bijian, minyak zaitun dan alpukat.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok