0 Point
Keputihan

Kenali Bedanya Keputihan Normal dan Tidak Normal

Salah satu masalah yang umum dialami oleh banyak wanita adalah keputihan. Keputihan memang menjadi satu masalah yang umum, tapi beberapa keputihan tidak bisa disepelekan, karena ini juga bisa menjadi pertanda dari suatu masalah lain.

Keputihan merupakan cairan yang keluar dari vagina dan bukan berupa darah. Penting untuk wanita mengetahui keputihan jenis apa yang dialami olehnya, apakah masih normal atau menunjukkan adanya bahaya? Keputihan kerap menjadi suatu pertanda awal dari banyak masalah di area organ intim. Itulah mengapa, keputihan juga tidak boleh terlalu dianggap sepele.

Ada beberapa ciri yang menunjukkan keputihan Anda masih normal, seperti:

  • Tekstur keputihan encer.
  • Berwarna bening/krem/tidak berwarna.
  • Tidak berbau.
  • Tidak gatal.
  • Jumlahnya tidak banyak.

Terjadi pada kondisi hormon tertentu dari siklus menstruasi seorang wanita. Misalnya ketika masa subur, di mana jumlah cairan yang keluar dari vagina menjadi lebih banyak dan kental. Stres dan aktivitas fisik tertentu juga bisa memicu produksi cairan vagina lebih banyak dari biasanya.

Sebaliknya, ciri keputihan yang tidak normal yakni:

  • Tekstur cairan kental, keruh, dan keluar dalam jumlah yang banyak.
  • Berwarna putih susu, kekuningan, kehijauan, atau keabu-abuan.
  • Berbau tidak sedap, atau cenderung busuk dan amis.
  • Memberikan efek gatal pada vagina dan meninggalkan bercak pada pakaian dalam.

Biasanya, keputihan yang tidak normal terjadi akibat infeksi yang berasal dari organ intim bagian luar, yakni vagina dan serviks. Selain itu, radang panggul juga bisa menyebabkan terjadinya keputihan. Penyebab dari infeksi ini pun beragam, mulai dari bakteri, jamur, dan parasit.

Keputihan yang tidak normal juga bisa menjadi pertanda dari penyakit kandungan yang serius, seperti polip serviks, mioma uteri submukosa yang prolaps, dan bahkan keganasan pada organ kandungan seperti kanker serviks dan lain-lain.

Jika Anda melihat keputihan yang Anda alami memiliki ciri-ciri yang tidak normal, segera periksakan kondisi Anda ke dokter untuk mengetahui penyebab kondisi keputihan tidak normal tersebut dan mendapatkan perawatan medis yang tepat.

(Foto: stylewomensclinic.org)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok