0 Point

Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol Picu Osteoporosis Lebih Dini

Sudah bukan rahasia lagi jika meminum alkohol menyebabkan banyak masalah. Setiap bagian tubuh Anda akan memperoleh efek negatif karena terlalu banyak minum, terutama otak dan hati. Juga dengan kebiasaan, yang terkait dengan banyak penyakit dan kondisi, terutama kanker paru-paru yang diketahui mempengaruhi tingkat kematian.

Penelitian baru menunjukkan bahwa merokok dan minum alkohol juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit osteoporosis sejak dini, terlebih lagi bila kedua kebiasaan tersebut rutin dilakukan. Para peneliti dapat menemukan mekanisme sel yang dapat membantu menjelaskan mengapa keduanya akan mengarah pada kondisi tulang.

Mekanisme sel yang dimaksud ditemukan di mitokondria, yang dikenal sebagai pembangkit tenaga listrik sel. Untuk lebih spesifik, mitokondria yang terkena dampak adalah yang ada di makrofag, yang merupakan sel kekebalan yang membantu melawan limbah sel dan benda asing dengan menyerapnya.

Menurut penelitian, faktor gaya hidup tertentu seperti yang disebutkan di atas dapat memicu mitokondria makrofag, menyebabkan mereka berada di bawah tekanan dan memicu proses yang pada dasarnya akan mengubah sel itu sendiri menjadi osteoklas. Osteoklas adalah jenis sel yang diketahui secara bertahap melarutkan tulang. Mekanisme inilah yang memicu dimulainya osteoporosis.

"Kami menunjukkan dalam makalah ini bahwa ketika fungsi mitokondria terpengaruh, itu tidak hanya mempengaruhi produksi energi tetapi juga memicu sejenis pensinyalan stres yang menginduksi produksi berlebih dari osteoklas," Narayan G. Avadhani, penulis studi senior dan profesor biokimia di Penn's Sekolah Kedokteran Hewan. Temuan Avadhani dan tim dipublikasikan di FASEB Journal.

Seiring waktu, usia biasanya menjadi penyebab di balik osteoporosis. Itu karena semakin kita menua, semakin banyak ketidakseimbangan antara generasi tulang dan penyerapan tulang, menyebabkan tulang kita menjadi rapuh dan keropos.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa penyakit ini dapat berkembang lebih dini karena faktor gaya hidup tertentu, seperti merokok dan minum alkohol, yang menyebabkan perubahan makrofag.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok