Kebiasaan Baik untuk Bebaskan Kulit dari Jerawat

May 07, 2020 | Claudia

Jerawat

Jerawat menjadi masalah kulit paling sering ditemui. Banyak orang yang mengalami masalah ini, dan mengeluhkan ketidaknyamanan akibatnya. Rasa sakit dan belum lagi bekasnya yang sulit hilang, membuat masalah jerawat bak kutukan bagi sebagian orang.

Jerawat biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya produksi sebum berlebih, pori-pori yang tersumbat, penumpukan sel kulit mati, dan masih banyak lagi. Beberapa kebiasaan juga membuat jerawat lebih mudah tumbuh di kulit Anda.

Jika Anda ingin segera terbebas dari masalah ini, maka perubahan pada kebiasaan diperlukan. Berikut ini merupakan beberapa kebiasaan baik yang bisa membantu menghindari Anda dari jerawat:

Rutin membersihkan wajah

Membersihkan wajah merupakan satu hal yang penting untuk dilakukan. Kulit Anda setiap harinya terpapar oleh berbagai macam kotoran, debu, polusi, dan masih banyak lagi. Inilah mengapa, penting untuk membersihkan kulit Anda agar kotoran tak menumpuk di kulit dan berakhir menjadi jerawat. Bersihkan kulit Anda dua kali dalam sehari, jika diperlukan, lakukan double cleansing dengan menggunakan pembersih kulit seperti micellar water baru kemudian cuci dengan sabun wajah.

Pastikan untuk tidak membersihkan kulit lebih dari dua kali sehari, karena ini bisa membuat kulit lebih kering, dan membuat kelenjar sebaceous menghasilkan lebih banyak minyak. Ujung-ujungnya ini memancing lebih banyak jerawat untuk tumbuh.

Selalu gunakan tabir surya

Saat hendak keluar rumah, pastikan untuk melindungi kulit terlebih dahulu dengan tabir surya. Sinar matahari dapat berbahaya, itu sebabnya Anda harus melindungi kulit Anda dengan prima. Pastikan memilih produk tabir surya yang bebas minyak. Minyak berlebihan akibat pemakaian tabir surya yang salah, dapat menyebabkan kulit lebih bejerawat.

Jangan berlebihan mengeksfoliasi kulit

Penggunaan scrub memang membuat kulit menjadi lebih lembut, sebab scrub berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati yang kerap menumpuk dan menyebabkan jerawat. Akan tetapi, penggunaan scrub secara berlebihan tidak disarankan, terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat. Penggunaan scrub pada kulit yang sedang berjerawat, hanya akan memperparah kondisi jerawat.

Rutin mencuci rambut

Rambut yang kotor dan kerap menyentuh kulit, juga berfungsi menimbulkan jerawat. Rambut yang berminyak dapat merugikan kulit, misalnya saja poni yang sepanjang waktu menyentuh kulit sehingga menyebabkan timbulnya jerawat di dahi Anda. Pastikan juga produk-produk seperti gel rambut dan spray rambut tidak bersentuhan langsung dengan wajah Anda karena dapat menimbulkan jerawat.

Bersihkan semua permukaan yang berpotensi menyentuh wajah

Membiarkan wajah Anda menyentuh berbagai macam benda yang kemungkinan kotor, sama saja mengundang jerawat tumbuh di kulit Anda. Pastikan untuk membersihkan permukaan setiap benda yang akan bersentuhan dengan wajah Anda. Ini termasuk bantal, kuas makeup, dan layar ponsel. Bersihkan semua benda ini secara rutin, untuk dapat terhindar dari masalah jerawat.

(Foto: healthywomen.org)

YesDok Ads