Diet
+1

Jangan Makan Ini jika Punya Asma!

October 29, 2019 | Claudia

Apakah Anda menderita asma? Asma merupakan salah satu jenis alergi yang mengganggu saluran pernapasan. Karena bersifat alergi, beberapa penderita asma pasti memiliki suatu alergen yang bisa memicu timbulnya asma.

Biasanya banyak penderita asma yang tidak tahan berada di dekat benda yang berdebu tebal. Ini bisa memicu asma yang mereka miliki. Saat serangan asma terjadi, salah satu gejala yang mungkin muncul adalah mengu. Mengi adalah suatu kondisi di mana napas Anda berbunyi lebih keras akibat penyempitan saluran udara atau peradangan.

Ada beberapa makanan yang dipercaya bisa membantu mencegah gejala asma untuk lebih sering kambuh. Bagi Anda yang menderita asma, maka beberapa makanan ini patut dicoba:

Nanas

Makan buah memang baik, tapi jika Anda penderita asma, maka sebisa mungkin hindari nanas. Nanas dapat memicu mengi karena asam yang terkandung dalam nanas dianggap berbahaya bagi penderita asma. 

Paprika

Paprika banyak digunakan sebagai penyedap dari beberapa masakan. Akan tetapi, paprika tidak bagus untuk dikonsumsi oleh penderita asma. Hindari juga konsumsi cabai dan acar jika tidak ingin mengi semakin parah.

Kentang goreng

Kentang goreng menjadi camilan setia saat berkumpul dengan teman atau keluarga. Namun, penderita asma sebisa mungkin harus menghindari kentang goreng. Ini karena pati yang terkandung dalam kentang goreng dapat memperparah asma. Cobalah untuk memakan kentang dengan cara direbus, namun pastikan kentang yang Anda konsumsi juga tetap dalam jumlah yang sedang atau tidak banyak.

Udang

Udang beku menjadi salah satu makanan yang harus dihindari saat menderita asma. Makanan laut ini mengandung banyak pengawet yang tidak baik untuk paru-paru. Oleh karena itu, jika Anda ingin makan udang, pastikan ini udang segar dan tidak beku.

(Foto: seriouseats.com)

YesDok Ads