0 Point

Jangan Lewatkan Makanan Tinggi Karbohidrat Ini!

Bagi orang yang tengah mendambakan penurunan berat badan, makanan penuh karbohidrat bukanlah teman setianya. Mereka akan cenderung menjauhi makanan yang dipenuhi karbohidrat, karena anggapan bahwa makanan berkarbohidrat tinggi hanya akan menambah berat badan mereka.

Padahal, karbohidrat sendiri sangat dibutuhkan oleh tubuh, bersama dengan nutrisi penting lain seperti protein dan lemak. Karbohidrat sangat berguna untuk membantu tubuh untuk berkembang dan berfungsi dengan baik. Memang, karbohidrat olahan umumnya hanya menawarkan sedikit atau bahkan tidak memiliki nilai gizi sama sekali, tapi jangan salah, sebab makanan yang mengandung karbohidrat murni justru sangat bergizi dan menyehatkan.

Berikut ini merupakan beberapa makanan tinggi karbohidrat yang tetap harus Anda makan walau tengah menjalani diet penurunan berat badan:

Nasi merah

Nasi merah memang menjadi andalan bagi mereka yang tengah menjalani diet penurunan berat badan, dan menghindari konsumsi nasi putih. Satu porsi nasi merah mengandung 36 gram karbohidrat. Nasi merah bahkan juga kaya akan antioksidan, yang membuatnya sehat untuk disantap.

Jagung

Jagung merupakan salah satu jenis sayuran yang sering kita jumpai. Jagung bisa dikonsumsi dengan berbagai macam cara, bisa disajikan bersama sayur bayam, dalam sayur asem, dibakar, atau disajikan dalam salad.

100 gram jagung mengandung 25 gram karbohidrat dan 3,36 gram protein. Jagung juga menyajikan vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh. Menurut studi di tahun 2017, jagung sangat bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Pisang

Pisang merupakan buah yang paling sering kita jumpai bahkan sepanjang musim.  Pisang bisa menjadi pilihan camilan sehat yang kaya karbohidrat. Satu buah pisang berukuran sedang memiliki 26,95 gram karbohidrat. Tak hanya itu, pisang juga tinggi kalium dan vitamin A dan C. Kandungan nutrisi inilah yang membuat pisang baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah Anda.

Kurma

Buah yang seringkali ditemukan saat bulan Ramadan ini, ternyata tak hanya bisa memberikan rasa manis, tapi juga manfaat kesehatan yang melimpah. Kurma hadir dalam berbagai macam jenis, dan dalam satu buah kurma terdapat 17,99 karbohidrat di dalamnya. Tak hanya itu, kurma juga memberikan Anda nutrisi lain seperti serat, kalsium, fosfor, kalium dan vitamin A.

(Foto: webmd.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok